Ini Spesifikasi Bus yang Dipakai Timnas U-23 di Ajang Asian Games 2018

Ini Spesifikasi Bus yang Dipakai Timnas U-23 di Ajang Asian Games 2018

Jakarta, MobilKomersial.com – Kendaraan operasional berupa bus merupakan salah satu dibalik suksesnya Tim Nasional Indonesia Sepakbola U-23 berlaga di ajang Asian Games 2018. Bus yang dipakai Evan Dimas dkk menggunakan chassis Mercedes-Benz seri OH 1626 keluaran terbaru.

Bus dengan chassis ini belum banyak dipakai oleh perusahaan bus antarkota. Diketahui, baru 10 perusahaan saja yang pakai. diantaranya Harapan Jaya, Rosalia, serta Lorena.

Dibanding generasi bus terdahulu yang pernah dioperasikan, sasis bus OH 1626 ini terbilang cukup istimewa, terutama dilihat dari spesifikasinya.

Jika generasi terdahulu masih menggunakan sasis tipe ladder frame (sasis tangga), bus OH 1626 sudah mengunakan sasis berbeda, yang lebih pendek. Sasis ini memiliki kelebihan lebih fleksibel dirancang bangun bodi-nya oleh industri karoseri.

Keistimewaan lainnya dari sasis OH 1626 adalah pada kaki-kakinya. Jika semua seri bus rear engine Mercedes-Benz yang pernah beredar di Indonesia dan dioperasikan BBG masih menggunakan suspensi tipe daun (leaf spring), sasis OH 1626 sudah mengadopsi suspensi udara dan sudah built-in dari pabrikan.

Suspensi jenis ini membuat guncangan bus menjadi lebih lembut saat melewati jalan terjal atau membelok sehingga membuat perjalanan, terutama perjalanan jauh tidak melelahkan.

OH 1626 merupakan generasi bus Mercedes-Benz yang manajemen mesinnya sudah menerapkan teknologi elektrikal. Tidak lagi mekanikal seperti seri terdahulu. Teknologi ini sudah diaplikasikan Mercedes-Benz pada dua generasi bus rear engine sebelumnya, yakni OH 1525 dan OH 1526.

Bus yang mempunyai total tempat duduk 35 buah ini sempat dibawa ke Malang sebelum kemudian diserah terimakan ke PSSI. Bus dicat ulang dan ditempeli striker gambar-gambar pemain terlebih dahulu di Malang.

Tinggalkan Balasan