Insan Bisnis Industri dan Manufaktur Indonesia (IBIMA) Siap Jawab Tantangan Menuju Indonesia Hebat tahun 2035

http://mobilkomersial.com/2018/08/insan-bisnis-industri-dan-manufaktur-indonesia-ibima-siap-jawab-tantangan-menuju-indonesia-hebat-tahun-2035/

Jakarta, MobilKomersial.com – Ingin berkontribusi melalui sektor industri manufaktur dalam konteks pembangunan nasional menuju Indonesia hebat tahun 2035, para pelaku industri nasional berinisiatif membentuk sebuah wadah bernama Insan Bisnis Industri dan Manufaktur Indonesia (IBIMA).

Dalam peresmian pembentukan IBIMA turut hadir pendiri IBIMA yakni TP Rachmat, Pemilik Triputra Group, Ary Ginanjar Agustian Pemilik ESQ Leadership Center, serta I Made Dana Tangkas selaku Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI) sekaligus Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Insan Bisnis Industri dan Manufaktur Indonesia (IBIMA).

Dalam sambutannya, I Made Dana Tangkas yang juga menjabat Presiden Direktur (CEO) IBIMA menyatakan, IBIMA merupakan sebuah lembaga independen di bawah naungan PT Insan Bisnis dan Industri Manufaktur. Dalam hal ini berperan untuk pengembangan sumber daya manusia, memberikan dukungan, umpan balik dan saran kepada pemangku kepentingan bisnis dan industri.

“Misinya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing bisnis nasional melalui penguatan industri menuju industri berdikari dan sejahtera dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan dan penguatan perekonomian nasional yang berbasis Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia lokal,” tutur Made di Menara 165, Jakarta Selatan, Kamis (30/8/2018).


Lebih jauh ia menyampaikan bahwa IBIMA ingin turut berkontribusi terhadap peningkatan tersebut antara lain dengan meningkatkan produktivitas dan daya saing industri Indonesia sebagai basis industri manufaktur dan beriorentasi ekspor.

“IBIMA fokus pada penguatan paradigma kewirausahaan mindset dan entrepreneurship, peningkatan kompetensi dan budaya industri, serta mengembangkan kepemimpinan yang kokoh,” sambungnya.

Insan Bisnis Industri dan Manufaktur Indonesia (IBIMA).
Insan Bisnis Industri dan Manufaktur Indonesia (IBIMA).

Lingkup kegiatan

Mengenai lingkup kegiatan IBIMA, Made mengatakan bahwa lingkup kegiatan IBIMA di antaranya menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan lean industry bagi pelaku industri dan bisnis IKM dan UKM, mengembangkan model unggulan pendidikan vokasi industri, serta menyiapkan skema sertifikasi tenaga ahli lean industry.

“Selain itu, IBIMA juga menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan industri nasional, dan penyediaan tenaga ahli lean industry seperti dalam vokasi, sertifikasi, serta Tempat Uji Kompetensi serta memasuki program industri 4.0,” pungkasnya.

Adapun proyek Lean Industri IBIMA yang sedang berjalan ada 15 perusahaan. “Dari kelima belas perusahaan yang sedang berjalan antara lain, Program revitalisasi / pengembangan lean industry PT. Tanah Sumber Makmur, PT. Agronesia, Perum Peruri, PIKKO, APEK, Kementerian Perindustrian – Tim Penyuluh industri, BUMD di berbagai propinsi dan lain sebagainya,” jelas Made.

Tinggalkan Balasan