Isuzu Akan Kembangkan Kendaraan Listrik, Diperkirakan 3 Tahun Mendatang

Mesin Isuzu Sudah Menganut Common Rail Tidak Masalah Penggunaan BBM B20

Isuzu Akan Kembangkan Kendaraan Listrik, Diperkirakan 3 Tahun Mendatang

MobilKomersial.com – Produsen kendaraan niaga asal Jepang Isuzu berencana akan membawa kendaraan bertenaga listrik ke Tanah Air. Hal itu seperti dipaparkan oleh Ernando Demily, Wakil President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia bahwa sebagai pemain otomotif dunia, perusahaannya tengah mempelajari untuk bisa ikut melahirkan bus listrik.

“Sebagai pemain global Isuzu juga tidak mau ketinggalan untuk melahirkan kendaraan listrik. Semua sudah dipersiapkan. Tinggal tunggu update saja,” kata Demily di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (1/3).

Namun untuk melahirkan bus listrik di Indonesia, Demily mengutarakan bahwa pihaknya masih membutuhkan waktu. “Diperkirakan kami memerlukan tiga tahun lebih untuk bisa meriset bus listrik. Normal untuk kendaraan baru itu kan butuh waktu tahunan. Seperti Isuzu Giga saja membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun,” ungkapnya.

Pertimbangan lain adalah masalah sumber tenaga (baterai). Di Indonesia teknologi pengisian daya baterai saat ini belum memungkinkan untuk mampu mengisi penuh satu unit kendaraan seperti bus atau truk. “Bila berbicara mobil itu sudah mulai sulit. Apalagi truk atau bus? Itu charging nya berapa lama kira-kira? Jika di-charge selama 12 jam, rugi kan? Truk atau bus kan harus long haul dan bekerja terus, tidak boleh diam. Itulah pertimbangan besar kami,” tambah Demily.

Meskipun demikian, pihak Isuzu masih mendalami riset mengenai sumber tenaga yang bisa dengan singkat pengisiannya. Isuzu juga ingin mengikuti era teknologi kendaraan bertenaga listrik.

Tinggalkan Balasan