Kemenhub Serahkan 5 Unit Bus Air untuk Pemprov Sumatra Selatan

Palembang, MobilKomersial.com – Kementerian Perhubungan RI memberikan bantuan lima unit bus aur kepada Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan sebagai dukungan untuk perhelatan akbar Asian Games 2018.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, investasi tersebut sebagai penyediaan sarana bus air ini cukup tinggi mencapai lebih dari Rp2,2 miliar per unit. Hal itu dikarenakan spek yang digunakan dalam pembuatan memang berkualitas tinggi.

“Bus air ini memiliki panjang 12 meter dengan lebar 3 meter, dan mampu menampung 20 penumpang dan 2 orang ABK,” katanya usai penyerahan bus air secara simbolis ke Pemprov Sumsel di Dermaga Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, pada Rabu (1/8/2018).

Kelima unit bus air ini BA Toman, Baung, Lais, Seluang, dan Gabus, sesuai dengan nama ikan yang menjadi ciri khas perairan. Bus air ini dibangun oleh galangan kapal PT Karimun Anugrah Sejati di Batam, Kepulauan Riau, selama kurang lebih 6 bulan.

Berbekal mesin 2 x 250 HP [tenaga kuda] kendaraan ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 25 knot.

Operasionalnya nanti diserahkan kepada tiga pemda yakni Pemkot Palembang tiga unit serta Pemprov Sumsel dan Pemkab Banyuasin masing-masing satu unit.

Hanya saja, selama Asian Games nanti kelima bus air tersebut sementara akan dipergunakan untuk penunjang wisata dan terpusat di Palembang.

Ke depan, bus air ini juga dapat digunakan untuk mendukung program wisata di Palembang. Banyak objek wisata yang berada di sepanjang alur Sungai Musi, sehingga bus air tersebut dapat termanfaatkan untuk membawa wisatawan berkeliling.

Tinggalkan Balasan