MAN Trucks and Bus Cabut dari Pasar India, Force Motors Siap Ambil Alih Aset Pusat Perakitan di Pithampur

Pithampur, MobilKomersial.com – Kabar bahwa MAN Trucks and Bus memutuskan hengkang dari pasar India karena tidak kuat menghadapi kerasnya persaingan di pasar truk dan bus di sana langsung mendapat respon pelaku otomotif lokal.

Force Motors, sebuah perusahaan otomotif India yang berbasis di Pune menyatakan siap mengakuisisi aset milik MAN Trucks and Bus di India, terutama aset pusat perakitan truk dan bus milik MAN yang saat ini berlokasi di Pithampur, di negara bagian Madhay Pradesh, India.

Di pusat perakitan di Pithampur, MAN Trucks merakit sejumlah model truk. Antara lain jenis truk tipper untuk medan off-road dan sektor konstruksi, truk tractor head untuk penarik trailer dan kargo serta truk untuk aplikasi khusus seperti truk untuk armada pemadam kebakaran, truk angkutan sampah, truk mixer semen, truk untuk konstruksi beton (boom pumps), truk muatan curah dan lain-lain.

Sebegitu jauh, belum diketahui berapa nilai akuisisi aset tersebut oleh Force Motors. Namun, masuk dalam skema akuisisi ini, Force Motors juga menawarkan karyawan MAN yang nanti terkena PHK pasca tutupnya pabrik MAN di India, untuk bergabung ke Force Motors dan menjadi karyawan mereka.

Market share MAN Trucks and Bus di India terus mengecil karena ketatnya persaingan di pasar truk di negeri itu. Selain oleh serbuan sesama pemain Eropa dan Jepang, MAN juga harus berhadapan dengan pemain truk lokal di India. Sebelumnya, pihak MAN Truck and Bus menyatakan akan menjual fasilits perakitan truk dan bus di India kepada pihak ketiga.

Sementara kantor kendali operasional mereka selanjutnya akan dijadikan pusat riset dan pengembangan (R&D) untuk mendukung bisnis global MAN Truck and Bus. MAN kemudian akan fokus menggarap segmen truk dan bus premium untuk market global.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan