Masa Depan Saloon Premium Ada di The New Audi A8 L

The New Audi A8 L

Tangerang, Mobilkomersial.com – Audi Indonesia memperkenalkan The New Audi A8 L pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan.

Generasi ke empat saloon premium Audi A8 L yang hadir di Indonesia merupakan model flagship yang memiliki bahasa desain eksterior Audi terbaru, interior dengan konsep pengoperasian layar sentuh inovatif, hingga teknologi mild hybrid yang mendukung performa sedan termewah Audi ini.

Desain eksterior
Desain Audi A8 L menampilkan garis-garis desain baru yang diusung sebagai era baru desain mobil-mobil Audi di masa mendatang. Sosok singleframe grille di bagian depan kini tampil lebih tegas, garis-garis tubuh berotot yang mengalir menggambarkan kemewahan sekaligus mempertegas nilai sporty, canggih dan progresif. Proporsinya yang seimbang menempatkan keempat rodanya pada ukuran yang sama, dan otot yang membungkus keempat rumah roda seakan menegaskan sistem penggerak quattro yang dimilikinya.

New Audi A8 L, memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) yang lebih panjang 13 cm dari A8 standar, memiliki panjang total badan mobil hingga 5,3 meter dengan lebar 1,95 meter dan tinggi 1,49 meter. Identitas kuat New A8 L tampil menonjol baik siang maupun malam hari berkat penggunaan lampu utama HD Matrix LED, serta lampu LED light strip di lampu belakang. Lebih menarik lagi, lampu sein baik di depan maupun belakang telah menggunakan dynamic indicator.

Interior
Dimensi yang besar dan wheelbase ekstra, membuat New Audi A8 L memiliki kabin lapang yang memberikan kenyamanan. Sementara desain interiornya justru disederhanakan, dengan panel instrumen di dashboard kini memiliki sedikit tombol dan tuas. Di bagian tengah dashboard kini terdapat layar sentuh 10,1 inci yang tampil tersamar berkat warna panel gelap yang memiliki nuansa serupa dengan aksen high gloss black bezel di dashboard. LayarTFT berukuran 1.540 x 720 pixels menyuguhkan gambar yang sangat tajam dari berbagai sudut. Struktur menu yang tersedia juga semakin intuitif seperti ponsel pintar modern.

Layar sentuh kedua berukuran 8,6 inci tersedia di konsol tengah sebagai pusat pengaturan AC dan pengaturan kabin lainnya, termasuk untuk input teks. Yang terbaru, teknologi respon sentuhan MMI Audi kini telah disempurnakan dengan feedback berupa getaran dan suara sehingga menjadikan proses pemilihan menu semakin intuitif dan mudah digunakan.

Audi Virtual Cockpit
Menggunakan layar full HD dengan resolusi 1,920 x 720 pixels dan NVIDIA K1 chip dan head-up display terintegrasi dengan MMI touch response dengan pengaturan untuk seluruh fitur yang ada pada the New Audi A8 L kini pengoperasiannya lebih praktis dan mudah.

Sistem kendali suara yang lebih natural
Sistem kendali suara (voice control) yang kini lebih natural menjadikan A8 layaknya rekan bicara yang pintar. Sistem ini mampu mengerti banyak ekspresi dari penggunaan bahasa sehari-hari dan dapat menjawab berbagai perintah serta pertanyaan-pertanyaan. Untuk melakukan hal ini, di satu sisi sistem akan menggunakan data yang menjadi preferensi pengguna, sebagai contoh adalah nama tujuan lokasi yang tersimpan di sistem navigasi. Sementara itu, di sisi lainnya, teknologi hybrid terbaru digunakan, dimana berhubungan dengan sistem cloud, yang akan mengenali perintah yang diucapkan di dalam kabin.

Pengemudi dapat dengan mudah melakukan formulasi perintah yang diucapkan agar dapat dimengerti oleh sistem pengenal suara, sebagai contoh: “Please take me to the Adlon Hotel in Berlin”. Jika diperlukan, pengaturan dialog yang pintar dapat bertanya, melakukan koreksi, memberikan saran yang lebih tepat bahkan dapat menerima masukan pengguna untuk menginterupsi sistem. Dialog yang dilakukan dengan sistem kendali suara ini, pengemudi dapat mengubah antara berbagai area menu yang berbeda. Sebagai contoh, ia dapat menelepon salah satu kontak di buku telepon dan kemudian langsung menggunakann alamat yang tersedia di data tersebut sebagai tujuan dalam sistem navigasi. Sistem kendali suara hybrid terbaru juga terkoneksi dengan media, sistem penyejuk kabin, fungsi telepon, dan beberapa layanan Audi yang tersedia. Setir multifungsi dan layar head-up melengkapi konsep operasi terbaru di New A8 L ini.

Sistem audio pada New A8 L dipersembahkan Bang & Olufsen Premium Sound System yang juga mampu menghasilkan suara 3D berkualitas tinggi bagi penumpang di bangku depan dan belakang, menghasilkan suara yang sama persis dengan yang dihasilkan di sebuah gedung konser. Penumpang belakang juga dimanjakan dengan kursi dengan bagian sandaran kepala yang nyaman dan dapat diatur, lampu suasana kabin, lampu baca Matrix LED serta pemanas kursi.

Mesin dan Chassis
Audi memberikan New Audi A8 L dua pilihan mesin V6 Turbo yang telah dikembangkan yaitu 3.0 TDI dan 3.0 TFSI. Di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor menawarkan pilihan mesin berbahan bakar bensin V6 Turbo 3.0 TFSI yang mampu menghembuskan tenaga puncak hingga 340 hp. Tenaga tersebut diteruskan ke sistem penggerak empat roda permanen quattro melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic.

Untuk pertama kalinya, Audi A8 juga telah dilengkapi dengan teknologi mild hybrid electric vehicle (MHEV) sebagai fitur standard. Teknologi ini menjadikan A8 mampu untuk berjalan konstan di kecepatan antara 55 – 160 km/jam dengan mesin mati dan hanya dengan menginjak pedal gas, mesin dapat dinyalakan kembali dengan proses yang halus. Teknologi ini juga memiliki fungsi start/stop dan sistem penyimpanan energi hingga 12 kW yang menjadikan Audi A8 dapat menghemat bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

Keunggulan mesin dan teknologi yang diusung oleh New A8 L didukung oleh penggunaan chassis yang sporty dan superior. Hal yang menjadikan sedan berdimensi bongsor ini dapat berjalan dengan tenang di berbagai jenis permukaan jalan. Dikembangkan sesuai dengan prinsip Audi Space Frame (ASF), chassis yang digunakan A8 L memiliki 58 persen komponen aluminium. Kompartemen penumpang dibuat dari komponan baja ultra-high-strength dan dinding belakang yang dibuat dari carbon-fibre reinforced polymer (CFRP).

Tinggalkan Balasan