Mulai Hari Ini, Kemenhub Bakal Bongkar Truk yang Kelebihan Muatan

236 Truk Terjaring dalam Operasi Penertiban Kendaraan Overload di Tol Kapuk

236 Truk Terjaring dalam Operasi Penertiban Kendaraan Overload di Tol Kapuk

Jakarta, MobilKomersial.com – Mulai hari ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan sanksi tegas dengan bongkar muatan bagi para pemilik truk yang kelebihan muatan.

Hal itu seperti diutarakan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi, bahwa pihaknya akan tegas menindak truk yang muatannya melebihi 100% dari ketentuan yang berlaku. Muatan truk yang kelebihan muatan akan dibongkar dan diturunkan langsung dari truk.

“Muatan truk-truk tersebut nantinya akan diturunkan di 3 lokasi pilot project Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau Jembatan Timbang,” kata Budi dikutip detikcom, Selasa (31/7/2018).

Adapun, tiga jembatan timbang yang akan menjadi pilot project di antaranya jembatan timbang Balonggandu yang biasanya digunakan oleh jalur truk dari Indramayu ke Jakarta. Lokasi yang kedua yaitu jembatan timbang Losarang yang biasanya menjadi jalur truk Jawa Timur, Jawa Tengah menuju ke Jakarta. Lokasi ketiga yaitu Widang yang biasa dipakai truk untuk jalur menuju ke Jawa Timur ke Surabaya.

“Untuk saat ini baru tiga jembatan timbang itu yang akan menjadi pilot project. Nantinya pada September 2018 akan ada 43 jembatan timbang lainnya,” tuturnya.

Hasil evaluasi selama 3 bulan dari 7 jembatan timbang, ternyata dari 100 kendaraan truk yang melintas, 75 diantaranya melakukan pelanggaran kelebihan muatan.

“Dari 75 kendaraan yang overload tersebut, 25% diantaranya melakukan pelanggaran sampai dengan 100%. Misal truk itu daya angkutnya 50 ton, dia mengangkut sampai dengan 100 ton,” ujar Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.