Pabrik di India Siap Ditutup, MAN Batalkan Rencana Ekspor Seri Truk CLA

kemungkinan batalnya rencana peluncuran truk terbaru dari MAN CLA series di pasar India dan pasar ekspor. Mengutip Financial Express, keputusan MAN Trucks And Bus merestrukturisasi operasi bisnisnya di India membuat MAN hanya akan menyelesaikan pesanan truk dari para customer-nya yang datanya sudah masuk sampai bulan Oktober 2018.

MAN Batalkan Rencana Ekspor Seri Truk CLA

Pabrik di India Siap Ditutup, MAN Batalkan Rencana Ekspor Seri Truk CLA

 

 

MobilKomersial.com – Keputusan MAN Trucks and Bus hengkang dari pasar India membuyarkan berbagai rencana jangka panjang MAN di pasar India dan regional yang sebelumnya sudah mereka susun.

Batalnya Peluncuran MAN CLA

Salah satunya adalah kemungkinan batalnya rencana peluncuran truk terbaru dari MAN CLA series di pasar India dan pasar ekspor. Mengutip Financial Express, keputusan MAN Trucks And Bus merestrukturisasi operasi bisnisnya di India membuat MAN hanya akan menyelesaikan pesanan truk dari para customer-nya yang datanya sudah masuk sampai bulan Oktober 2018. Truk-truk pesanan customer ini masih akan diproduksi di fasilitas perakitan truk dan busnya di Pithampur, India.
Pabrik tersebut selama ini merakit beragam jenis truk MAN. Diantaranya truk untuk medan offroad dan onroad, truk untuk sektor konstruksi, truk kargo angkutan jalan raya, serta truk untuk beragam jenis muatan seperti truk damkar, truk angkutan sampah, truk mixer, sampai trailer dan bulk.

Juli 2018

Namun MAN Trucks and Bus India sudah tidak lagi meluncurkan truk baru sejak Juli 2018 pasca terbitnya keputusan restrukturisasi bisnis ini. Sajak resmi masuk pasar India tahun 2006, MAN Trucks and Bus sudah memproduksi dan menjual sekitar 25.000 unit truk di market India.

Force motors

Fasilitas perakitan truk dan bus MAN di Pithampur saat ini dilirik oleh perusahaan otomotif India, Force Motors. Force Motors juga tertarik merekrut mantan karyawan MAN yang nanti terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) pasca tutupnya pabrik perakitan di Pithampur.
MAN Trucks and Bus India selanjutnya hanya akan mengoperasikan kantor operasionalnya di India untuk kebutuhan riset dan pengembangan (R&D) demi mendukung bisnis MAN di pasar global yang ke depan hanya akan fokus menggarap pasar truk premium.
Akuisisi aset pusat perakitan truk dan bus MAN di India akan dituntaskan oleh Force Motors pada akhir Oktober ini setelah pihak Volkswagen, induk MAN Trucks and Bus setuju melepas aset tersebut kepada Force Motors India.
MAN Batalkan Rencana Ekspor Seri Truk CLA
Penulis: Ariefandi

Tinggalkan Balasan