Penghemat Bahan Bakar Otomatis dari Scania

Penghemat Bahan Bakar Otomatis

MobilKomersial.com Mengapa tidak memanfaatkan energi kinetik truk untuk menghemat bahan bakar? Itulah fungsi Pulse & Glide baru Scania – bahkan di jalan datar membentang.

Konektivitas telah mengubah kondisi untuk transportasi pengangkutan panjang secara radikal. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah layanan dan fungsi peningkatan efisiensi baru telah diluncurkan berkat teknologi baru ini.

Contohnya adalah cruise control baru yang cerdas, Scania Active Prediction yang diluncurkan pada tahun 2012. Sistem ini menggunakan data peta topografi dan teknologi GPS untuk menentukan karakteristik jalan tiga kilometer di depan.

“Berdasarkan data ini, sistem memilih strategi roda gigi dan kecepatan untuk konsumsi bahan bakar serendah mungkin. Ketika dibandingkan dengan cruise control konvensional, kami melihat bahwa Prediksi Aktif dapat menghemat antara 5-7 persen bahan bakar, dengan hanya sekitar 0,9 persen lebih rendah kecepatan rata-rata, ”kata Fredrik Roos, ahli strategi pengendalian powertrain di Scania.

Namun para insinyur Scania tidak berhenti di situ. Fredrik Roos dan kolega Mikael Ögren membentuk tim yang melanjutkan pengembangan. Tim berfokus pada algoritma yang menghitung bagaimana energi kinetik kendaraan dapat digunakan untuk eco-roll dengan roda gigi dalam keadaan netral.

“Melalui simulasi profil kecepatan yang berbeda kita dapat melihat pola di mana kecepatan meningkat tepat sebelum fase eco-roll bermanfaat untuk konsumsi bahan bakar. Itulah yang kami ingin sistem lakukan, secara otomatis, “kata Roos.

Hasil dari upaya tim, Pulse & Glide, diluncurkan pada tahun 2017, menambahkan fungsi baru untuk Scania Cruise Control dengan Active Prediction (CCAP). Dalam versi terbaru CCAP, eco-roll dapat digunakan bahkan pada gradien yang dalam keadaan normal tidak cukup curam untuk mempertahankan kecepatan.

Waktu yang lebih lama untuk eco-roll

“Dengan mampu meningkatkan kecepatan – Pulse – dan kemudian freewheel – Glide – waktu kolektif yang kendaraan menggunakan eco-roll dapat sangat meningkat,” kata Roos. “Pada peregangan jalan yang sesuai, fungsi baru saja dapat berkontribusi untuk penghematan bahan bakar tambahan hingga 0,5 persen.”

Menurut Fredrik Roos, potensi sistem prediksi aktif lengkap paling baik diwujudkan ketika mengemudi kombinasi truk dan trailer antara 20 dan 40 ton di daerah berbukit dan lalu lintas yang relatif sepi. Tetapi sistem baru Scania dengan Pulse & Glide telah membuktikan nilainya juga pada peregangan jalan yang datar, dengan penghematan bahan bakar total sebesar 1,5 persen dibandingkan dengan cruise control standar.

Sekarang, tim Roos telah mulai mencari tantangan di masa depan.

“Kami terus mengembangkan algoritma untuk juga dapat menghindari pengereman yang tidak perlu dalam situasi di mana lalu lintas padat dan Anda memiliki jarak pendek di antara kendaraan. Skenario ini akan menjadi lebih umum ketika kita bergerak menuju lebih banyak konvoi mengemudi, atau peletonan. Kami juga melihat bagaimana kami dapat mengoptimalkan sistem untuk powertrains hybrid. ”

Tinggalkan Balasan