Perhatikan Minyak Rem Agar Rem Tetap Pakem

Perhatikan Minyak Rem Agar Rem Tetap Pakem

Perhatikan Minyak Rem Agar Rem Tetap Pakem

 

Jakarta, MobilKomersial.com – Rem depan motor saat ini umumnya menggunakan piringan cakram yang membantu pengendara bisa melakukan pengereman maksimal. Meski dirancang sedemikian rupa, komponen rem membutuhkan minyak rem untuk melumaskan rem agar tidak macet dan pakem saat melakukan rem.
Fungsi minyak rem sangat krusial dalam proses ini, sehingga perlu pengecekan dan penggantian rutin agar rem tidak menjadi masalah bagi pengendara saat melakukan perjalanan jauh atau dekat, karena masalah rem sangat fatal.

Muliyatno, salah seorang mekanik Bengkel Kembar Motor mengatakan minyak rem sangat berpengaruh untuk melumaskan rem agar pemotor mendapatkan pengereman maksimal, tidak macet dan membantu pemotor untuk akselerasi di jalan yang macet.

“kita mungkin pernah mengalami rem depan tidak begitu pakem, padahal kampas rem masih tebal. Hal tersebut disebabakan oleh kondisi minyak rem, entah itu memang volumenya sudah berkurang atau tercampur dengan udara, karena itu udara harus dikeluarkan atau penambahan minyak,” kata pria yang akrab disapa Mul saat berbincang dengan MobilKomrsial.com.

Pria yang sudah puluhan tahun bekerja sebagai mekanik ini, menjelaskan minyak rem dalam sistem rem cakram berfungsi sebagai penghantar yang menyalurkan tenaga dari tuas rem ke kaliper rem untuk mendorong kampas rem. Perlu juga diingat penggantian minyak rem sebaiknya dilakukan setiap 20.000 km.

Ia menambahkan hal lain yang biasa terjadi misalnya terkadang meski volume minyak masih banyak tetapi rem tidak pakem. Masalah seperti itu biasanya disebabkan oleh adanya udara palsu yang berada di dalam sistem, untuk itu tekan tuas rem secara berulang-ulang dan tahan dan kendorkan baut nepel maka minyak rem bersama udara akan keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.