Ada Masalah di Pipa Bahan Bakar, Ribuan Truk Daimler Bermesin Cummins ISX15 dan X15 Kena Recall

MobilKomersial.com – Divisi penjualan kendaran niaga Daimler di Amerika Serikat, Daimler Trucks North America memutuskan menarik sementara atau recall atas 4.500 truk Daimler produksi tahun 2017 sampai 2019 yang menggunakan mesin diesel Cummins ISX15 or X15 karena temuan pipa bahan bakarnya yang bermasalah.

Temuan di lapangan selama ini menunjukkan, saat truk dikemudikan dalam kondisi tertentu, misalnya di trek turunan, pipa bahan bakar tiba-tiba menyembur jika sirkuit pendingin pompa bahan bakar dibatasi. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu celaka saat truk melaju di jalan raya dan mencederai pengguna jalan lainnya. Temuan lainnya, mesinnya bisa tiba-tiba mengalami stall, tanpa ada tanda-tanda atau peringatan dini yang mendahuluinya dan kemudian mesin menjadi susah distarter ulang. Ini dikhawatirkan akan meningkatkan risiko kecelakaan atau tabrakan.

Baca juga : Bisnis Truk Daimler Makin Berkibar di India

Karenanya, seperti dilansir situs Trucks.com, Daimler Trucks North America memutuskan me-recall sejumlah seri truknya yang dijual di AS yang menggunakan mesin Cummins ISX 15 atau Cummins X15. Yakni, truk Western Star 4900, Freightliner Cascadia, Freightliner Coronado dan juga Freightliner 122SD.

Pihak Cummins sebagai pemasok mesin untuk truk-truk tersebut berjanji akan memberitahukan kepada pemilik truk-truk tersebut tentang temuan masalah di truk-truk mereka. Cummins dilaporkan sedang melakukan investigasi atas berbagai temuan ganjil selama ini.

Untuk keputusan recall ini, Daimler menyediakan layanan hotline ke customer di nomor 800 547-0712, begitu juga pihak Cummins membuka layanan customer service terkait recall ini di nomor 800 286-6467.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan