Arti dari Kombinasi Kode Angka dan Huruf pada Ban Mobil

Kode Angka dan Huruf pada Ban Mobil

MobilKomersial.com – Pemilik kendaraan tidak jarang kurang memerhatikan karakteristik ban mobilnya. Padahal faktor keselamatan berkendara juga sangat dipengaruhi oleh kinerja karet bundar ini saat diajak bermanuver termasuk kemampuannya untuk menopang bobot keseluruhan kendaraan, penumpang maupun barang yang diangkut.

Berikut arti dari kombinasi kode angka dan huruf pada ban mobil :

Angka 185 menunjukkan lebar telapak ban dalam ukuran milimeter (mm). Semakin lebar telapak ban menjadikan media yang bergesekan langsung dengan permukaan jalan akan semakin ba­nyak. Memang efeknya traksi ban menjadi lebih baik, namun konsumsi bahan bakar kendaraan jadi lebih boros. Karena tahanan pada ban semakin besar, yang membuat power mesin lebih terforsir untuk menggerakkan roda.

Baca juga : Persiapkan Beberapa Hal Ini Ketika Touring

Angka 70 menandakan aspek ratio, yaitu tinggi telapak ban ke bagian bead ban 70 persen dari lebar telapak ban. Tinggi telapak ban ke bagian bead ban atau ketebalan ban terhadap lebar telapak ban dihitung dalam satuan persen (%). Berarti ketebalan ban adalah 70 persen dari lebar ban 185 mm, sekitar 129.5 mm dari tanah ke bagian pelek terdekat (bibir pelek). Semakin tebal ban akan meningkatkan tingkat keempukan/kelenturan ban yang akan terasa lebih nyaman dipakai. Namun konsekuensinya, ketinggian roda secara keseluruhan akan berubah yang menimbulkan perbedaan pada pembacaan odometer. Selain itu, akurasi saat mengemudi juga ikut menurun akibat dinding ban yang lebih empuk.

Huruf R adalah informasi konstruksi Radial yang menunjukkan diameter ban diukur dari sisi terdekat dengan bibir pelek, angka 14 menunjukkan diameter pelek dalam satuan inci.

Angka 88 adalah index kemampuan per-ban untuk memikul muatan, dengan konversi baku 88 = 560 kg/ban.

Huruf S mengartikan speed symbol. Sesuai konversi baku dalam industri ban kendaraan, simbol kecepatan dalam huruf S mengartikan ban tersebut aman dipakai hingga kecepatan maksimum 180 Km/Jam.

Nah sekarang Anda bisa lebih mengerti untuk memilih dengan ban dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangkan ukuran ban agar tidak terlalu kecil atau tipis. Lebih baik gunakan ukuran ban standar dari pabrikan karena tingkat keamanannya lebih baik.

Tinggalkan Balasan