Ban Tubeless Tidak Rewel dengan Kebocoran

image-mobkom-Ban Tubeless Tidak Rewel dengan Kebocoran

MobilKomersial.com – Pemotor kadang dipusingkan dengan kebocoran ban sepeda motor, sehingga harus menguras tenaga, mendorong kendaraan untuk menambal atau mengganti ban yang pecah di bengkel.

Untuk itu, pilihan untuk menggunakan ban tubeless pastinya dapat mengantisipasi hal itu. Ban jenis ini tidak rewel karena tidak menggunakan ban dalam. Dari sisi harga ban ini mungkin agak lebih mahal karena memiliki tambahan lapisan kuat yang kompleks.

.

Kelebihan ban tubeless adalah tidak rentan pada kebocoran atau anti paku. Jika terkena paku atau serpihan beling, ban tidak harus ditambal dan masih dapat digunakan terus menerus tanpa harus mencabut paku. Meski lama-kelamaan tekanan udara diban akan berkurang.

Ban tubeless biasa diisi/dipompakan dengan gas nitrogen agar suhu ban tetap stabil dan tidak mudah panas serta rasanya ringan dikendarai. Kalau ban biasa hanya bisa diisi gas/udara yang biasa saja. Ban tubles bisa diberi cairan pelapis anti bocor untuk mengantisipasi ban bocor tiba-tiba agar kembali seperti stabil.

.

Meski memiliki kekurangan, yang jelas, secara umum ban tubeless lebih nyaman dipakai, apalagi untuk antisipasi bocor pada saat musim hujan yang tentunya merepotkan pemotor.

Yang perlu diperhatikan adalah ban tubeless cocok dipakai diperkotaan dengan kondisi jalan yang mulus, sangat aman bermanuver atau menikung, ban ini lebih menapak diaspal dan stabil pada kecepatan tinggi.

Beda dengan ban biasa yang enak dipakai pada jalanan padat dan macet yang butuh selap-selip. Ban tubeless hanya bisa dipasangkan untuk pelek racing, sedangkan pelek jari-jari hanya bisa untuk ban biasa.

Tinggalkan Balasan