Beginilah Fungsi Serta Cara Kerja Dari Ekstra Fan

Beginilah Fungsi Serta Cara Kerja Dari Ekstra Fan

MobilKomersial.com Di setiap mobil  yang menggunakan radiator sering terselip ektra fan. Lalu, seprti apakah kegunaan dari ekstra fan tersebut? Ekstra fan merupakan komponen yang bekerja secara mekanik dan elektrik. Digerakkan menggunakan tenaga listrik dari aki (baterai) mobil, dan terpasang di depan radiator sebagai pendukung dari kipas utama pada pulley mesin. Peranti dengan beberapa bilah kipas ini berfungsi sebagai penyuplai angin tambahan, ketika mobil berjalan tersendat saat kemacetan lalu-lintas.

.

Perangkat ini juga diandalkan sebagai alat bantu pendingin kondensor AC, supaya lebih optimal dalam mengkondensasi gas freon (high pressure) dari kompresor menjadi zat cair. Cara kerja ekstra fan dalam sistem AC mobil, untuk mengalirkan udara segar dari arah depan kendaraan, untuk memasok angin tambahan yang berguna untuk menurunkan suhu pada kondensor.

ekstrafan-1

Fungsi ekstra fan juga untuk membuang panas yang dihasilkan oleh kondensor dan radiator mesin. Melalui proses pembuangan panas secara maksimal menggunakan kipas tambahan ini, sistem AC mobil akan bekerja lebih baik. Sehingga hawa sejuk dalam kabin tetap terasa, walau di siang hari atau dalam kondisi jalanan macet. Dampak positif lainnya juga akan membuat kinerja kompressor lebih ringan, dan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar meski tak terlalu signifikan.

.

Untuk beberapa tipe mobil, ekstra fan sudah menjadi kelengkapan standar. Seperti pada besutan Eropa yang cenderung memiliki suhu mesin lebih panas. Sehingga komponen ini mesti terpasang sebagai pendukung sistem pendinginan mesin. Untuk perawatan, idealnya kipas tambahan ini diperiksa secara berkala, karena dinamo motor kipas memiliki usia pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.