Kurnia Adhi Yang Menerima Jasa Disain Livery Bus

“Waktu saya kecil, nenek saya pindah rumah ke dekat Terminal Bus Purabaya (lokasinya di Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur). Sejak itu saya selalu meminta ke nenek untuk menemani saya melihat-lihat bus di terminal sebelum saya tidur,” imbuhnya.

Kurnia Adhi Yang Menerima Jasa Disain Livery Bus

 

 

MobilKomersial.com Di Indonesia, boleh dibilang belum banyak orang yang serius terjun menjadi spesialis desain livery bus. Meski begitu, Kurnia Adhi Samudra, remaja asal Surabaya, Jawa Timur ini, sudah menekuni profesi itu sejak dua tahun terakhir.

2 Desain livery bus karya Kurnia Adhi Samudra yang diaplikasikan di armada bus pariwisata Aka IV, Probolinggo

Ketertarikan Kurnia Adhi memasarkan jasa desain livery bus berawal dari kegemarannya menggambar bus sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). “Saya suka menggambar bus sejak SD. Tapi mulai benar-benar serius menggambar dengan mengaplikasikan livery baru saya lakukan ketika di SMP pakai paint ataupun kertas,” jelasnya.

“Waktu saya kecil, nenek saya pindah rumah ke dekat Terminal Bus Purabaya (lokasinya di Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur). Sejak itu saya selalu meminta ke nenek untuk menemani saya melihat-lihat bus di terminal sebelum saya tidur,” imbuhnya.

Begitu lulus SMP, passion Kurnia Adhi pada desain bus makin membuncah. Dia lalu mencoba mengaplikasikannya menggunakan Corel Draw sambil melihat tampilan livery bus melalu video sharing yang banyak terdapat di YouTube. Kurnia mengenang, order pertama jasanya ini dia terima dari PO Rahayu Sentosa, di Sidoarjo, Jawa Timur.

Dari jasanya ini, Kurnia Adhi mengantongi penghasilan hingga Rp 5 juta rupiah per livery bus yang dipesan kliennya. Harga livery yang dia pasang ke klien sangat bergantung pada tingkat kerumitannya. “Kalau penggarapannya cukup mudah, harganya bisa di bawah angka itu,” jelasnya.1 Kurnia Adhi Samudra

image-mobkom-bungkus-makanan-kemasan-jadi-sumber-inspirasiimage-mobkom-bungkus-makanan-kemasan-jadi-sumber-inspirasi

Saat ini Kurnia Adhi sudah menjalani hobinya itu sebagai profesi. Untuk melayani permintaan pembuatan livery yang diinginkan para klien dari kalangan pengusaha bus, Ia memaksimalkan penggunaan teknologi komunikasi setiap kali berdiskusi dengan konsumennya untuk mendapatkan hasil yang memenuhi ekspektasi kliennya.

Seperti melalui email, chatting di aplikasi smartphone atau melalui telepon. “Kebanyakan sih diskusinya lewat telepon dan chatting,” aku Kurnia Adhi ketika berbincang dengan MobilKomersial.com.

Penggarapan livery bus yang paling rumit yang pernah dikerjakan Kurnia Adhi seperti pesanan dari PO Marissa Holiday dari Cianjur, Jawa Barat. “Karena livery ini saya buat bener-bener baru dan beda. Ada pembenahan di sana-sini. Ada motif yang harus diganti dikurangi atau ditambahi, tapi hasilnya sangat memuaskan buat saya, hehe..” ujarnya terkekeh.

Serumit apapun proses pengerjaannya, rata-rata operator bus yang memesan livery dari Lautan Desain Work yang dikelola Kurnia Adhi, cukup kooperatif. “Dalam penggarapan setiap livery, yang bikin lama mencari idenya, mas. Saat ngerjainnya juga harus sesuai mood. Kalau tidak ada mood dan dipaksa mengerjakan pun, sudah berjam-jam di depan layar komputer tetep nggak akan ada hasilnya hehe..” beber Kurnia Adhi.

Untuk menggarap pesanan livery dari para kliennya, pria berkacamata ini menggunakan software Corel Draw. Sedangkan ide untuk mendesain livery bus bisa datang dari mana saja, termasuk dari masukan teman-temannya. Menariknya, Kurnia Adhi mengaku tidak tertarik mencari inspirasi dari foto-foto desain livery bus di luar negeri seperti di Eropa. “Desainnya terlalu simpel,” dia memberi alasan.

Kurnia Adhi malah lebih suka menggali ide dari mengamati aneka bungkus makanan dalam kemasan. Menurutnya, kombinasi warna yang hadir di aneka makanan kemasan umumnya atraktif, dan dapat menjadi sumber ide yang melimpah baginya dalam menuangkan konsep-konsep livery bus untuk ditawarkan ke klien. “Ide-ide liar suka datang tiba-tiba dan cepat banget perginya. Jadi kalau ide itu tiba-tiba muncul, saya harus cepat-cepat bikin coretan di aplikasikan ke basic body busnya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan