Lakukan Uji Tabrak EuroNCAP, Suzuki Jimny Hanya Dapat Bintang 3

Suzuki Jimny lakukan uji tabrak

Brussels, MobilKomersial.com – Generasi terbaru Suzuki Jimny yang ramai diperbincangkan saat ini melakukan uji tabrak atau crash test. Sebagai mobil yang baru diluncurkan di Jepang dan memiliki nama besar, hasil dari EuroNCAP (European New Car Assessment Programme) yang diterima Suzuki Jimny mendapatkan tiga dari lima bintang.

SUV kompak yang hadir hadir dengan wajah seperti generasi pertamanya, namun memiliki fitur dan performa yang lebih canggih ini menunjukkan hasil yang tidak terlalu mengesankan dalam beberapa tes. Pasalnya, saat diuji coba, airbag samping mobil ini tidak berfungsi dengan baik.

Tercatat, Suzuki Jimny 2018 hanya mencetak skor 73% pada keamanan orang dewasa dan 84 persen untuk anak-anak. Namun, SUV ini hanya mendapat nilai 50 persen untuk pengguna jalan yang rentan dan kategori safety assist atau fitur bantuan keselamatan.

Pengujian tabrak

Dalam percobaan tes tabrak di bagian depan (frontal offset test), Suzuki Jimny generasi terbaru tersebut mengalami distorsi cukup parah di sekitar pintu. Boneka dummy yang berada di dalam kabin disebutkan mengalami cedera di bagian dada. Meski demikian, simulasi dengan crash test dummy menunjukkan bahwa ada perlindungan yang baik pada bagian lutut dan paha.

Sementara pada tes secara penuh (full-width test) keamanan terhadap penumpang menujukkan kurang baik karena pada bagian kepala belakang dummy mengalami luka cukup serius. Airbag di bagian dasbor juga dikatakan memiliki tekanan yang kurang. Sehingga tekanan yang diberikan tidak mampu menjaga kepala penumpang dan pengemudi, menyebabkan kepala dummy terbentur lingkar kemudi.

Meski pada generasi keempat Jimny ini telah dilengkapi fitur Emergency Braking System (AEB), namun EuroNCAP memberi nilai kurang baik. Mobil ini menunjukkan performa kurang memuaskan lantaran fitur tidak bekerja maksimal saat kondisi cahaya kurang terang. Bahkan fitur AEB tidak dapat bereaksi dalam melindungi pejalan kaki maupun objek yang bergerak cepat seperti pesepeda.

“Sebagai kendaraan yang benar-benar baru, seharusnya Suzuki Jimny menawarkan perlindungan yang jauh lebih baik, baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lain. Teknologi keselamatan yang disematkan tidak bekerja optimal. Padahal penggemar muda Suzuki Jimny sudah memiliki standard yang lebih baik dalam hal keselamatan pasif dan aktif,” ungkap Matthew Avery, Director of Research Thatcham Research.

Tinggalkan Balasan