Lebih Intim Truk Avengers Pemenang Jogja Truck Festival 2018

“Paling sulit itu air suspensi ini, karena kita ambil dari Scania yang merupakan kendaran besar jadi butuh beberapa penyesuaian saat dipasang di truk medium ini. Rombakan dan uji coba sudah sampai beberapa kali, karena itu juga waktunya paling panjang dari semua sektor lainnya yang kami kerjakan,” papar Danu.

Lebih Intim Truk Avengers Pemenang Jogja Truck Festival 2018

MobilKomersial.com – Dalam gelaran truk modifikasi yang dilaksanakan di Jogja Expo Center, Truk Avengers berhasil mengalahkan beberapa pesaingnya. Dengan memodifikasi hingga kurang lebih Rp. 300 Juta, Truk dengan tema Superhero ini berhasil keluar sebagai pemenang dan berhak membawa piala bergilir Wakil Gubernur DIY.

Truk garapan karosesi Setiabudi dan dikerjakan bersama rumah airbrush Customized Art Semarang ini memang banyak mengundang perhatian pengunjung JTF 2018.  Memiliki konsep modifikasi yang futuristik disajikan dengan tema film super hero yang sedang naik daun. “The Avengers”

Menurut Danu Siswoyo sang pemilik, truk ini proses pengerjaan modifikasinya cukup mulai dari Januari 2017 sampai pertengahan Agustus 2018 kemarin. Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa sektor yang butuh garapan ekstra, mulai dari kabin, pembuatan bodi kit, sampai yang terlama adalah pemasangan air suspension.

Lebih Intim Truk Avengers Pemenang Jogja Truck Festival 2018

Scania

Bagian tengah truk ini dihiasi wajah Iron Man. Sedangkan bodi bak seluruhnya dicat air brush bergambar para super hero Avengers lain seperti Hulk dan Thor.

Ke bagian sisi eksterior, Mitsubishi Fuso Canter ini tampangnya sudah cangkok gaya truk Eropa, Scania.  Konsepnya yang digunakan juga pakai Scania, terlihat mulai lampu depan juga beberapa bagian lain di bodi terlihat seperti Scania. Bukan cuma itu, ini juga dilengkapi dengan akesori full mulai dari depan hingga belakang. Uniknya, tidak sekedar cangkok wajah Scania akan tetapi kaki-kaki truk ini juga pakai orisinal Scania yang menjadikan pengerjaan paling berat yang juga lama dilakukan saat memasang air suspensi milik Scania tersebut.  Agar bekerja maksimal dan biasa terpasang proporsional, akhirnya dirancang ulang beberapa bagian pada kaki-kakinya.

“Paling sulit itu air suspensi ini, karena kita ambil dari Scania yang merupakan kendaran besar jadi butuh beberapa penyesuaian saat dipasang di truk medium ini. Rombakan dan uji coba sudah sampai beberapa kali, karena itu juga waktunya paling panjang dari semua sektor lainnya yang kami kerjakan,” ujar Danu.

Perubahan interior pun dilakukan untuk menambah kenyamaan. Jok standar pabrikan diganti dan dibungkus ulang dengan balutan kulit sintesis, audio pun diperkuat dengan instalasi bertaraf Sound Pressure Level (SPL) lengkap dengan pemasangan kerlap-kerlip lampu hias. Tidak hanya itu, agar makin futuristik dan modern, sektor atap juga sengaja dibobol dijadikan sunroof. Setelah itu lapisan dindingnya ikut dibungkus dengan kulit yang kelirnya senada dengan jok.

Lebih Intim Truk Avengers Pemenang Jogja Truck Festival 2018

“Ini truk saya satu-satunya, ya setelah kontes ini mungkin truk akan saya pakai harian, untuk angkut telur karena meski saya modifikasi tapi secara fungsional masih memenuhi aturan lalu lintas,” pungkas Danu yang sehari-hari sebagai pengangkut telur ke Jakarta, Bandung dan Cirebon.

Tinggalkan Balasan