Mau Mesin Skutik Awet? Lakukan Perawatan Ini…

Mesin Skutik

MobilKomersial.com – Perawatan pada komponen kendaraan amatlah penting, dan harus kita lakukan secara berkala. Tetapi terkadang kita lupa untuk merawat komponen, atau hal-hal kecil yang terdapat di sebuah kendaraan.

Pada sepeda motor matik khususnya, busi matik dan oli gardan harus sudah diganti tiap kali anda sudah menempuh jarak 8.000 kilometer. Jika tak kunjung diganti, maka perapiannya sudah tak sempurna.

Begitu juga dengan sepeda motor jenis bebek, yang sudah harus diganti busi dan olinya tiap menempuh jarak 4.000 kilometer. Perapian yang tak sempurna akan merambat pada daya gedor motor yang berkurang. Jika sudah begitu tidak hanya mesin yang berpotensi rusak, konsumsi bahan bakar motor anda akan lebih tak efisien.

Untuk sepeda motor jenis skutik, tiap menempuh jarak 24.000 kilometer, komponen bagian dalam CVT harus diganti. seperti tali kipas dan rumah CVT. Jika sebelum jarak tersebut rumah CVT sudah mulai gemuk, harus segera diganti.

Baca juga : Arti dari Kombinasi Kode Angka dan Huruf pada Ban Mobil

Jika ingin perawatan sempurna, sempatkan tiap dua bulan sekali dilakukan servis secara berkala untuk pengecekan mulai dari mesin, bodi hingga kampas rem. Dengan begini, anda jadi tau apa yang menjadi masalah di motor kesayangan anda.

Sebaiknya lakukan perawatan sebelum motor anda mengalami kerusakan, dan mengakibatkan banyak komponen yang harus diganti, hal tersebut pastinya mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Tinggalkan Balasan