Menambal Sendiri Ban Tubeless

image-mobkom-Menambal Sendiri Ban Tubeless

MobilKomersial.com – Banyak kesalahan yang dilakukan pada saat menambal ban tubeless di bengkel-bengkel yang menyediakan jasa tambal ban.

Sering kita temukan praktek yang agak aneh. Lubang kecil yang disebabkan paku atau pecahan kaca pada ban tubeless yang semula kecil, bisa berubah menjadi besar karena penambal menggunakan penanda besi sebesar kelingking untuk menandai lubang tersebut.

.

Bolongan ban dengan regangan yang cukup potensial untuk merusak ban. Mulai dari bahan karetnya, anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya yang sobek dan putus berantakan, membuat daya tahan ban semakin lemah.

Padahal ada cara mudah dan bisa dilakukan sendiri untuk menambal ban tubeless yang terkena paku atau pecahan.

Pertama, pompa ban sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor dengan penanda yang bukan benda tajam.

.

Cucilah daerah ban yang bocor hingga bersih lalu lap hingga kering. Setelah kering tetesi lem power glue merek apa aja sehingga lem meresap ke dalam lubang. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk.

Tunggu kering selama beberapa menit hingga kering. Lalu ban hingga mencapai tekanan yang tepat sesuai dengan petunjuk pada ban tubeless. Jadi sekarang anda tidak perlu risau dengan kebocoran ban tubeless, anda bisa melakukannya sendiri.

Tinggalkan Balasan