Meski Truk Bisa Otonom, Inilah Yang Jangan Dilupakan Pengendara

Meski Truk Bisa Otonom, Inilah Yang Jangan Dilupakan Pengendara

MobilKomersial.com – Truk otonom Mercedes-Benz membawa beragam kemudahan dalam pengoperasiannya, termasuk fitur lepas kendali Highway Pilot dimana truk tersebut dapat berjalan sendiri. Meski begitu, ada hal-hal yang harus diperhatikan meski fitur tersebut diaktifkan. Inilah ulasannya.

 

Jangan meninggalkan tempat duduk

Demi alasan keamanan, para pengemudi diharuskan untuk tidak meninggalkan kursi pengemudi. Hal tersebut dikarenakan sistem Highway Pilot berjalan dengan komputerisasi. Monitoring harus dilakukan untuk mendeteksi jalannya kamera dan sensor muatan.

 

Berhati-hatilah kala kemacetan

Meskipun truk dapat beradaptasi sendiri dan berjalan melalui lalu lintas, namun truk tersebut tidak dapat mengatisipasi pergantian jalur. Pengemudi yang mengaktifkan fitur ini diharapkan tetap berada dalam kendali kala kondisi lalu lintas ramai untuk memungkinkan pergantian jalur secara manual.

 

Persimpangan

Fitur Highway Pilot, GPS memastikan truk tetap berada dalam jalur berangkat dan tujuan. Meski begitu sistem tersebut akan benar-benar hilang kala truk berada di persimpangan. Pengemudi akan diingatkan ketika mendekati area seperti titik keluar yang relevan dengan rute dan membiarkan sang pengemudi mengambil alih.

Seperti dilansir autoevolution, sistem yang akan hadir pada truk Mercedes-Benz ini akan siap pada 2025. “Jika kerangka legislatif untuk pengemudian otonom dapat diciptakan dengan cepat, peluncuran Highway Pilot akan dapat terlaksana sampai pertengahan dekade mendatang,” papar Daimler Board of Management, Dr. Wolfgang Bernhard.

Tinggalkan Balasan