Mitsubishi Xpander Raih Predikat Mobil Terbaik 2018 Versi FORWOT

Tahun 2018 ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru.  Pertama, mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas.  Selain itu, untuk pertama kalinya dua brand asal China, DFSK dan Wuling, dalam posisi lima besar. Ini membuktikan brand-brand asal Cina mulai diperhitungkan bertarung dengan brand-brand asal Jepang, Eropa, Korea, dan India

Mitsubishi Xpander Raih Predikat Mobil Terbaik 2018 Versi FORWOT

Jakarta,  MobilKomersial.com – Mitsubishi Xpander berhasil menyisihkan finalis lainnya dan menjadikan sebagai mobil terbaik tahun 2018 versi Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT).  Penobatan Xpander sebagai Forwot Car of the Year (FCY) 2018 ini mengalahkan empat nominator lainnya seperti ;  DFSK Glory 580, Suzuki Ertiga, Toyota Rush dan Wuling Cortez.

FORWOT Car of the Year 2018, diramaikan oleh 23 mobil baru yang dirilis selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018. Jumlah ini menurun dibandingkan peserta tahun 2017 (32 mobil) dan tahun 2016 (28 mobil).

“Tahun 2018 ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru.  Pertama, mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas.  Selain itu, untuk pertama kalinya dua brand asal China, DFSK dan Wuling, dalam posisi lima besar. Ini membuktikan brand-brand asal Cina mulai diperhitungkan bertarung dengan brand-brand asal Jepang, Eropa, Korea, dan India,” kata Indra Prabowo selaku Ketua Umum FORWOT,  Jumat (28/9/2018).

 

Mengacu Pada Car Of The Year Committe

Ketua Panitia FYC 2018,  Raju Febrian  mengatakan, untuk tahun ini tim penyelenggara mempercayakan total 60 juri untuk memilih total 23 mobil terbaik yang beredar di Indonesia. Selanjutnya,  33 jurnalis terpilih berdasarkan pengalaman dan jam terbang untuk memberikan penilaian. Penilaian mengacu pada “Car of the Year” dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun disesuaikan dengan pasar otomotif Indonesia.

“Berdasarkan penilai dari 33 juri pilihan yang merupakan jurnalis otomotif dari berbagai media nasional, baik cetak maupun online, lima model keluar sebagai lima besar: DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander,  Suzuki Ertiga,  Toyota Rush dan Wuling Cortez,” ujar Uda Raju dalam sambutannya di Cafe Bands,  Kemayoran,  Jakarta, Jumat sore hari ini.

Kelima mobil yang masuk sebagai finalis menggambarkan segmen paling besar di Indonesia yaitu MPV (3 model) dan SUV (2 model).

Perolehan Nilai

Dari nilai yang didapatkan,  Mitsubishi Xpander berhasil unggul dengan perolehan suara sebesar 216 poin , diikuti Suzuki Ertiga dan Wuling Cortez yang mendapat nilai sama, yakni 160 poin, Toyota Rush 141 poin disusul DFSK Glory 580 dengan nilai 133.

FORWOT berharap hasil ini bisa memberikan gambaran mengenai mobil-mobil favorit pilihan jurnalis dan konsumen otomotif Tanah Air.

.

Forwot Car Of The Year

Sebagaimana diketahui, FORWOT Car of the Year merupakan pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif yang bernaung di bawah payung Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) yang telah dilaksanakan sejak 2009.

Adapun kriteria penjurian merajuk dari sisi Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental Requirement, Driver Satisfaction, dan Price.

“Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada  GT Radial, Federal Lubricants, Garda OtoAdira Finance, dan  Adira Insurance yang telah mendukung terlaksananya FORWOT Car of the Year 2018,” tutup Indra.

.

Para pemenang FORWOT Car Of The Year dari Tahun Ke Tahun

Editor : Dimas Lombardi

Tinggalkan Balasan