Orang India Tergila-gila Naik Sleeper Bus, Perusahaan Karoseri Panen

MobilKomersial.com – Masyarakat India dikenal senang bepergian naik bus. Itu sebabnya, angka penjualan bus baru di sana terbilang tinggi, mencapai 120.000 unit per tahun. Diantara bus-bus baru yang terjual tersebut, terselip bus kategori baru, yakni sleeper bus. Sleeper bus merupakan bus yang kabinnya menyediakan fasilitas untuk tidur penumpang.

Layanan ini ditawarkan sejumlah perusahaan transportasi di India dengan rute jarak jauh seperti bus antarkota antar negara bagian. Layanan bus sleeper terbilang baru dan merupakan inovasi perusahaan otobus di sana yang mendapat sambutan hangat konsumen. Total bus sleeper baru yang terjual setiap tahunnya diperkirakan mencapai 8.000 sampai 9.000 unit.

Salah satu perusahaan karoseri bus yang panen tersebut adalah Prakash Bus Corp Pvt Ltd. Perusahaan otobus ini kini sedang memesan 3 bus sleeper mewah terbaru dengan chassis 3 axle buatan Volvo dengan mesin diesel Euro 4.

Subhash Kaul, Executive Director Prakash Bus Corporation, mengatakan, kabin bus sleeper ini karena dimensi bodinya yang panjang mampu mengakomodir 40 penumpang, dengan layanan single atau double bed. Pesanan bus sleeper ini sedang dalam pengerjaan di karoseri.

Selain menggunakan chassis Volvo, operator bus sleeper di India juga menggunakan chassis Sunwin, Ashok Leyland dan Bharat Benz, semuanya merupakan chassis bus tipe mesin depan.

Saat berlangsung pameran Busworld India bulan Agustus lalu, Prakash memamerkan sleeper bus terbaru berkapasitas 30 penumpang yang diberi nama ‘Prakash Capella’ yang rancang bodinya dibangun menggunakan chassis dari Bharat Benz. Bus ini dilengkapi dengan bed yang membuat penumpangnya benar-benar bisa tidur selonjor. Masing-masing kompartemen kabin mini dilengkapi televisi LCD berukuran kecil serta tirai samping.

Prakash juga memproduksi bus-bus baru bermesin Ashok Leyland yang dibangun menggunakan chassis truk di pabriknya yang berlokasi di Bengaluru. Asal tahu saja, di India banyak bus yang menjadi transportasi umum dibangun menggunakan chassis truk.  Karena itu, umumnya bus-bus tersebut menggunakan mesin di bagian depan dan lantai kabinnya tinggi.

 

Penulis: Arieffandi

1 thought on “Orang India Tergila-gila Naik Sleeper Bus, Perusahaan Karoseri Panen

Tinggalkan Balasan