Pemda Sukabumi Larang Bus Lewat Jalan Cikidang

“Sampai saat ini untuk sementara bus dilarang masuk jalur Cikidang, karena memang rawan kecelakaan,”

Pemda Sukabumi Larang Bus Lewat Jalan Cikidang (foto kompas)

Sukabumi, MobilKomersial.com – Pemerintah Daerah Sukabumi melarang bus melintas di Jalan Cibadak-Cikidang-Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, untuk sementara. Kebijakan itu diambil ntuk mencegah terjadi kembali kecelakaan di jalur alternatif menuju Pelabuhanratu dan ke sejumlah obyek wisata di wilayah selatan Sukabumi tersebut.

Keputusan diambil bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat, Satlantas Polres Sukabumi, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, dan Dishub Kabupaten Sukabumi.

“Sampai saat ini untuk sementara bus dilarang masuk jalur Cikidang, karena memang rawan kecelakaan,” ungkap Kepala Polres Sukabumi, AKBP Nasriadi dikutip Kompas di Palabuhanratu, Jumat (14/9/2018).

Ia mengatakan, keputusan itu diambil pascakecelakaan lalu lintas dua unit mikrobus masuk jurang di jalur tersebut pada pekan lalu.

“Selanjutnya dalam regulasi nanti apakah akan dipasang portal atau dibuat larangan permanen untuk bus, kebijakannya ada di Dishub Provinsi Jawa Barat karena jalan Cikidang merupakan jalan Provinsi,” tuturnya.

Sebenarnya, pihak kepolisian telah lama mengimbau agar bus tidak masuk ke jalur Cikidang. Pasalnya, jalur sepanjang sekitar 42 kilometer itu banyak belokan tajam dengan tanjakan dan turunan yang curam.

“Karena belum ada regulasinya, kami hanya bisa sebatas mengimbau agar bus tidak masuk jalur Cikidang,” ungkap Nasriadi.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa untuk semua bus bisa melintasi jalur utama, yakni Jalan Cibadak-Warungkiara-Palabuhanratu. Jaraknya tidak jauh berbeda sekitar 45 kilometer dan kondisi lintasan jalan tidak seperti jalur Cikidang.

“Tetap saja semua sopir atau pengendara harus konsentrasi dan dengan kendaraan yang laik jalan atau sehat. Bila mengantuk silakan istirahat di tempat-tempat yang aman,” imbaunya.

Tinggalkan Balasan