Rahasia di Balik Truk Otonom Mercedes-Benz

Rahasia di Balik Truk Otonom Mercedes-Benz

MobilKomersial.com – Sebenarnya apa sih rahasia di balik truk Mercedes-Benz yang dapat berjalan sendiri ini?

Seperti dilansir autoevolution, rahasianya ada pada 4 sensor radar dan komunikasi WiFi. Di depan, persisnya di bawah bumper, ada sebuah sensor radar yang memindai jalanan. Mencakup jarak 250 meter ke depan, sensor ini mendeteksi objek dengan sudut kemiringan 18-derajat. Ada lagi sebuah sensor radar dengan jarak jangkau pendek, 70 m, yang memindai dengan sudut pandang 130-derajat. Keduanya berfungsi sebagai dasar atas berjalannya fitur Proximity Control Assist dan Bantuan Pengereman Darurat.

 

Untuk melancarkan jalannya fitur tersebut, terdapatlah sebuah kamera stereo di depan yang bekerja memindai objek sejauh 100 m dengan sudut 45-derajat secara horizontal dan 27-derajat secara vertikal. Dengan software terbaru, semuanya akan berjalan untukmengidentifikasi lini jalan, trotoar, obyek diam dan bergerak, tanda-tanda jalan dan juga kondisi permukaan jalan.

 

Sementara itu, sisi-sisi truk diamankan oleh radar lateral 170-derajat yang mendeteksi sekitar kabin dalam jarak 60 meter. Semua data yang diperoleh tersebut nantinya akan dianalisa oleh prosesor multi-core berperforma tinggi yang terletak pada komputer inti untuk menyediakan sebuah pandangan berkelanjutan pada area di sekitar truk.

 

Kesemua sistem tersebut akan bekerja bersama-sama dalam sistem yang dinamakan Highway Pilot. Ketika sistem tersebut diaktifkan, maka akan hadir truk otonom penuh pertama yang ada di dunia. Pengemudi pun dapat memutar kursinya 45-derajat pada posisi bekerja atau istirahat, sembari truk menggunakan data GPS dan bekerja mandiri untuk menyusuri jalanan.

 

Penasaran ingin mencoba? Eits, tunggu dulu. Mercedes-Benz mengatakan bila truk ini masih dalam tahap penyempurnaan dan baru siap diluncurkan pada 2025. Yaaah.

Tinggalkan Balasan