Resmi Beroperasi, Terminal Jatijajar Jadi yang Terbesar di Jabodetabek

“Kami uji coba lebih dulu hingga akhir tahun ini. Masih ada infrastruktur yang masih kami kerjakan yakni jembatan untuk lalu lintas keluar bus. Anggaran sudah ada dan hari ini juga mulai dikerjakan,”

Terminal Jatijajar depok Resmi diuji coba (foto SuaraPembaruan)

Depok, MobilKomersial.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) resmi menguji coba Terminal Jatijajar di Kota Depok, Jawa Barat, Senin (17/9). Terminal yang dikalim menjadi salah satu terminal terbesar di Jabodetabek ini akan diuji coba hingga akhir tahun 2018.

“Kami uji coba lebih dulu hingga akhir tahun ini. Masih ada infrastruktur yang masih kami kerjakan yakni jembatan untuk lalu lintas keluar bus. Anggaran sudah ada dan hari ini juga mulai dikerjakan,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono saat meresmikan terminal seluas sepuluh hektare tersebut.

Bambang mengungkapkan, uji coba terminal ini sejalan dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 55/2018 dengan menginstruksikan agar Terminal Jatijajar dapat segera dioperasikan pada tahun ini.

Menurut Bambang, untuk akses menuju bertipe A ini yang terletak di Jalan Raya Bogor ini, warga Depok dan sekitarnya dapat menggunakan angkutan perkotaan (angkot) nomor D06 dengan rute Terminal Terpadu Margonda menuju Simpangan Depok yang dipanjangkan sejauh satu kilometer hingga mencapai Terminal Jatijajar. “Selain itu, dengan angkot D17 dengan rute Terminal Jatijajar-Banjaran Pucung-Cibubur,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan, Terminal Jatijajar sudah bisa dioperasionalkan untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Dengan peresmian ini, artinya bus-bus besar sudah diwajibkan masuk ke Terminal Jatijajar.

“Pool-pool yang ada di sepanjang Jalan Raya Bogor itu sudah masuk ke sini (Jatijajar). Kalau pul-pul yang ilegal semua sudah harus masuk sini semuanya, wajib dan akan kena sanksi kalau tidak ke sini,” kata Idris.

Idris berharap terminal di wilayah Jatijajar ini juga dapat menumbuhkan kawasan pertumbuhan ekonomi baru. Pemkot juga akan menopang fasilitas kesehatan dengan merenovasi Puskesmas Jatijajar yang lokasinya tidak jauh dari terminal agar juga dapat bermanfaat jika suatu waktu dibutuhkan layanan kesehatan.

Pemkot Depok juga telah meminta area foodcourt untuk diisi oleh para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Depok. Hal ini telah dikabulkan oleh BPTJ sebagai pengelola Terminal Jatijajar.

Tinggalkan Balasan