Ferrari Dino Ringsek Jadi Karya Seni Mahal

“Ini adalah kombinasi dari desain Bertone pada mobil ini, dicampur dengan hasil karya kota Marlenno, ditambah sedikit sentuhan kekerasan,”

Mobkom-Image-Sebuah-Karya-Seni-Dari-Sebuah-Ferrari-Dino-Ringsek

MobilKomersial.com – Barang hancur bisa berharga mahal? Tentu saja bisa. Contohnya, sebuah Ferrari Dino yang sudah remuk mampu terjual seharga USD250.000 atau lebih dari dua milyar rupiah.

 

Siapa sangka jika mobil yang remuk dan ringsek itu bisa terjual begitu mahal. Itu semua karena mobil tersebut telah menjadi sebuah karya seni. Seniman asal Perancis, Bertrand Lavier, yang berpendapat demikian. Dialah yang berkarya pada Ferrari tersebut dengan menabrakkannya, tanpa menambahi sedikit pun sentuhan ulang.

“Ini adalah kombinasi dari desain Bertone pada mobil ini, dicampur dengan hasil karya kota Marlenno, ditambah sedikit sentuhan kekerasan,” ujar Lavier menjelaskan. Lavier sendiri sangat terpukau oleh keindahan mobil rusak ini, yang masuk dalam sebuah aliran seni “ready-made”, yang beranggapan jika beberapa objek yang umum ditemui bisa menjadi sebuah karya seni.

Dino itu sendiri terjual kepada seorang kolektor Turki yang tidak mau disebutkan namanya, melalui agen seni Yvon Lambert. Ini adalah sebuah misteri karena seseorang mau menghabiskan uang yang begitu banyak pada sebuah Ferarri hancur, ketika sebuah Ferrari Dino GT4 yang berkualitas bagus bisa dibeli seharga sekitar USD41.400 atau sekitar 400-an juta rupiah.

 

Mobil itu sendiri tidak berembel-embel Ferrari pada awal mulanya, karena mobil hasil desain Bertone tersebut berkode Dino 308 GT4. Setelah berbagai macam pertimbangan, akhirnya model V12 yang didesain oleh Pininfarina dan bermesin V8 ini diberi nama Ferrari atas permintaan publik. Ferrari sendiri memproduksi Ferrari Dino sebanyak 2.800 unit antara 1973 sampai 1980.

Tinggalkan Balasan