Trik Berhenti di Tanjakan dengan Setengah Kopling

Trik Berhenti di Tanjakan dengan Setengah Kopling

Jakarta, MobilKomersial.com – Apakah Anda pernah berhenti di tanjakan namun tidak pernah menggunakan setengah kopling? Mengapa demikian? Bagi Anda para pemula pengemudi mobil, mungkin Anda mengira bahwa berhenti di tanjakan dengan menggunakan setengah kopling merupan hal yang sulit dilakukan.

Namun tahukah Anda, hal tersebut tidaklah sulit sama sekali. Anda harus bersikap dengan tenang dan tidak gugup saat melakukannya serta mengerti tekniknya. Selain Anda menggunakan rem tangan, Anda juga bisa menggunakan teknik setengah kopling saat Anda berhenti di tanjakan. Memang cara tersebut dilakukan hanya dalam keadaan yang tidak terlalu lama di tanjakan, yang artinya Anda akan segera melakukan perjalanan lagi.

Biasanya, penggunaan setengah kopling itu dilakukan di jalanan yang tidak begitu menanjak tinggi seperti garasi rumah. Di sini, Anda bisa menggabungkan fungsi dari kopling dan fungsi gas. Lantas, bagaimana trik berhenti di tanjakan dengan setengah kopling?

Langkah yang pertama yang harus Anda lakukan adalah pada saat Anda sudah berada di tengah-tengah tanjakan, maka Anda harus menghentikan laju mobil Anda dengan cara menginjak kopling bersamaan dengan menahan gas. Jangan menekan gas terlalu dalam dan juga jangan menekan gas terlalu kecil. Pastikan Anda menekan gas dengan pas, supaya mobil yang sedang Anda kendarai itu dapat berhenti dengan sempurna.

Jika Anda hendak memajukan mobil Anda lagi, Anda dapat melepas pedal kopling secara perlahan-lahan. Selain itu, Anda juga perlu menyeimbangkan dengan penambahan tekanan gas. Selanjutnya, mobil Anda akan bergerak maju secara perlahan-lahan, tergantung Anda mengendalikan kopling dan gas.

Itu tadi beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk berhenti di tanjakan dengan menggunakan setengah kopling. Nah, bagaimana menurut Anda sekarang? Tentu mudah untuk melakukannya, bukan? Dengan cara tersebut, Anda pasti dapat menghentikan mobil Anda saat berada di tanjakan dengan aman dan nyaman dan Anda tidak perlu khawatir lagi saat berada di tanjakan. Tetap berhati-hati dalam berkendara dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan