Vespa Seri Lawas Di Indonesia Masih Saudara Dengan Asal Italia Hingga Diburu Kolektor Asing

Hanya Vespa di Indonesia yang masih keturunan dengan Vespa asal muasalnya, Italia. Karena setiap mesin ada nomer seri dan nomer body. Nomer seri Indonesia masih 1 (satu) seri dengan nomer seri dan bodi dari italia. Ada 9 negara yang bikin Vespa. Sedangkan yang sama dengan Italia itu hanya di Indonesia. Logikanya adalah, Vespa indonesia adalah vespa Italia. Ini berlaku dari seri lama hingga seri PX, Itulah sebabnya banyak kolektor dari negara lain yang mencari Vespa di Indonesia. Hingga tahun 1992, Indonesia sudah dapat memproduksi Vespa sendiri” ujar om Beng lebih lanjut.

Tips Membeli Vespa Bekas Harga Tinggi

MobilKomersial.com – Ada yang berbeda pada gelaran Parjo kali. Bagi para pengunjung yang sekedar ingin melihat atau mencari barang di Parjo biasanya membawa payung ataupun kacamata hitam dikarenakan selama ini Parjo biasa di gelar di tempat terbuka. Di tahun ini Parjo Shopee Parjo Red Carpet telah berkolaborasi dengan PRI (Pekan Raya Indonesia) dilaksanakan di ICE, BSD Tangerang pada Hall 10. Yang biasanya para pengunjung merasakan panasnya sinar matahari kini tidak lagi. Para pengunjung dapat sekedar melihat maupun mencari barang dengan nyaman dikarenakan diadakan di dalam ruangan yang penuh dengan AC.

.

Walaupun diadakan di dalam ruangan ber-AC, Parjo tetap menghadirkan beberapa komunitas – komunitas untuk berpartisipasi seperti biasanya. Di hari Sabtu kemarin (29/08/2018) Shopee Parjo Red Carpet mengadakan “kongkow Vespa Di akhir Pekan”  dengan membahas pentingnya modif motor dah bahas sekuter legendaris asal Italia tersebut.

.

Vespa Indonesia = Vespa Italia

Dengan mengajak para “master-master” yang sudah bertahun-tahun sudah berpengalaman di skuter asal Italia. Salah satunya adalah pria yang biasa dipanggil dengan Om Beng, menjelaskan bahwa tahun 1966 Vespa sudah masuk ke Indonesia dari Italia langsung. Dan pada tahun 1970, Indonesia pernah mengekspor Vespa ke Thailand.

.

Dan menurutnya, Vespa asal Indonesia itu banyak diburu oleh para kolektor dari berbagai macam negara. Hal ini disebabkan Vespa asal Indonesia itu masih ada “keturunan” dengan asal vespa itu sendiri yaitu Italia. Sedangkan Vespa yang berasal dari negara lain justru berasal bukan dari Italia langsung, akan tetapi dari negara-negara seperti Jerman, Inggris, Thailand, India dan sebagainya.

Vespa Seri Lawas Di Indonesia Masih Saudara Dengan Asal Italia Hingga Diburu Kolektor Asing.

Dengan asal muasal Vespa yang beredar di Indonesia ini, khususnya yang versi lawas, om Beng menyayangkan apabila Vespa-vespa tersebut dijual pemiliknya hingga di ekspor ke negara lain. Berbeda dengan negara asalnya, Italia. Di Italia, Vespa versi lawas sudah tidak boleh di ekspor lagi ke negara lain sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat.

Hanya Vespa di Indonesia yang masih keturunan dengan Vespa asal muasalnya, Italia. Karena setiap mesin ada nomer seri dan nomer body. Nomer seri Indonesia masih 1 (satu) seri dengan nomer seri dan bodi dari italia. Ada 9 negara yang bikin Vespa. Sedangkan yang sama nomer serinya dengan Italia itu hanya di Indonesia. Logikanya adalah, Vespa indonesia adalah vespa Italia. Ini berlaku dari seri lama hingga seri PX, Itulah sebabnya banyak kolektor dari negara lain yang mencari Vespa di Indonesia. Hingga tahun 1992, Indonesia sudah dapat memproduksi Vespa sendiri” ujar om Beng lebih lanjut.

Akan tetapi, masalah ekspor juga menimbulkan dilematis yang rumit apabila sudah berbicara dengan urusan perut. “Masalah ekspor vespa tua merupakan masalah kebutuhan orang yang berbeda-beda. Kita tidak bisa melarang, karena pemerintah tidak mendukung aturan tersebut. Kita juga bingung kalo misalnya pemiliknya berkata ,”emangnya elo bisa om umpanin anak-bini gue kalo gue gak jual Vespa ini?” Padahal vespa yang dia miliki ini merupakan seri lama yang pastinya berasal dari Italia langsung. Itulah membuat kami dilematis. Kita hanya bisa menghimbau agar tidak di ekspor ke negara lain” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan