Ada-ada Saja, Pengemudi Bus di India Biarkan Monyet ‘Menyetir’

Jakarta, Mobilkomersial.com – Seorang pengemudi bus di India mendadak viral di media sosial karena seekor monyet dibiarkan mengemudikan bus yang tengah membawa penumpang.

Seperti dilansir BBC, Minggu (7/10/2018), dari video yang viral di media sosial, peristiwa yang terjadi di wilayah Karnataka, India ini, terlihat seekor monyet tengah duduk ‘mengendalikan’ setir bus.
Sementara sopir bernama M Prakash juga memegang setir dengan satu tangan, dan menginjak pedal gas dalam kecepatan rendah. Sopir membiarkan monyet saat duduk di dekatnya.

Menurut para saksi mata, monyet itu masuk ke dalam bus bersama seorang penumpang di sekitar wilayah Davanagere. Selanjutnya, Prakash membiarkan monyet untuk duduk di dekatnya.

Padahal di bus itu ada sekitar 30 penumpang. Tentunya sangat berbahaya sekali bagi keselamatan penumpang. Namun, media lokal melaporkan bus itu tiba di tempat tujuan tanpa ada insiden apapun.

Diberhentikan sementara

Atas perbuatan tersebut, Prakash diberhentikan sementara. “Keselamatan penumpang tidak boleh dipertaruhkan dengan membiarkan seekor monyet berada di balik kemudi,” ucap juru bicara tempat Prakash bekerja, seperti dilansir dari kantor berita BBC.

Namun, keputusan memberhentikan Prakash dikritik sejumlah warganet, “Mengapa harus diberhentikan? Seharusnya dia hanya diberi peringatan agar tidak mengulanginya,” ucap Parag Heda, seorang pengguna Twitter.

Namun tak sedikit netizen yang kemudian mempermasalahkan perilaku pengemudi itu. “Keamanan penumpang tidak dapat dipertaruhkan dengan membiarkan monyet menyetir kemudi,” ujar seorang netizen di Twitter.

“Dia (sopir) harusnya diperingatkan untuk tidak mengulangi hal tersebut,” kata netizen lainnya.

Tinggalkan Balasan