Asia Kini Jadi Pasar Kunci Penjualan Truk dan Bus Scania

Asia Kini Jadi Pasar Kunci Penjualan Truk dan Bus Scania

MobilKomersial.com – Kawasan Asia kini menjelma menjadi hub ketiga terbesar Scania setelah Eropa dan Amerika Selatan. Negara di kawasan ini seperti Indonesia, dan Malaysia pun menjadi pasar kunci bagi Scania di wilayah ini. Direktur Regional Scania Asia and Oceania Anders Gustafsson dikutip Straits Times mengatakan, setiap pasar Scania di berbagai negara memiliki keunikan masing-masing yang dipengaruhi oleh budaya lokal, bedar kecilnya luas negara serta profil dan tipikal konsumen.

.

Secara umum, pasar truk dan bus Scania di Asia terbagi dalam tiga kategori. Yakni kategori negara di mana Scania sudah hadir sejak lama, misalnya Korea Selatan, Australia, Taiwan, Hong Kong, Malaysia dan Singapura. “Pasar Scania di negara-negara ini tumbuh stabil dan terus naik seperti halnya pertumbuhan penjualan Scania di Eropa seperti di Swedia dan Inggris,” ujar Anders.

.

Negara yang menjadi pasar sangat potensial Scania ke depannya adalah China, Thailand dan Jepang. “Kita lihat China, Thailand dan Jepang memiliki potensi besar untuk tumbuh, China menjual satu juta unit truk baru di tahun 2017 lalu atau tiga kali lipat penjualan truk di Eropa.  Tapi faktanya hanya 5.000 unit truk saja yang diimpor. Sementara, pasar Jepang sangat konsen pada truk dengan kualitas premium, sejalan dengan strategi yang saat ini dijalankan Scania,” ungkap Anders.

Pasar emerging market atau yang sedang mulai terlihat tumbuh di Asia lainnya adalah Filipina, Vietnam, Indonesia dan India.

Dibandingkan Eropa. tren pertumbuhan penjualan truk baru di pasar Asia sebagian tidak tumbuh karena permintaan alami oleh pasar, tapi didorong oleh inisiatif pemerintah, serta dorongan kota-kota besar di Asia untuk menurunkan kadar pencemaran udara dan kemacetan jalan.

.

Scania Malaysia September lalu baru saja menggelar babak final regional kompetisi mekanik Scania yang diikuti peserta dari berbagai negara Asia seperti Australia, Dubai, Iran, Myanmar, Taiwan, Thailand, India, Singapura, New Zealand, Abu Dhabi, Jepang, Hong Kong, China, Filipina, Indonesia, Korea Selatan dan tuan rumah Malaysia. Empat tim terbaik dari kompetisi ini akan mengikuti babak final Scania Top Team World Finals yang akan dilangsungkan di Södertälje, Swedia bulan December 2018.

 

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan