Bakrie & Brothers Siapkan Lahan 7,7 Hektar untuk Pabrik Perakitan Bus Listrik di Balaraja, Banten

bus listrik dari Bakrie & Brother

Jakarta, MobilKomersial.com  – Untuk memasarkan bus listrik di Indonesia mulai awal tahun depan (2019), PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) akan membangun fasilitas pabrikan perakitan bus listrik berlokasi di Balaraja, Serang, Banten.

Pabrik ini akan merakit komponen-komponen bus listrik, termasuk komponen penting yang akan diimpor dari BYD Auto Ltd, China, yang menjadi mitra BNBR di proyek bus listrik ini, dan komponen yang sudah bisa disediakan dan diproduksi secara lokal.

Balaraja dipilih karena lokasinya strategis dan dekat dengan akses jalan tol Jakarta-Merak. Untuk kebutuhan pendirian pabrik perakitan ini, BNBR sudah menyiapkan lahan cukup luas, sekitar 7,7 hektar.

Perakitan bus ini akan dijalankan oleh PT Bakrie Autoparts, anak usaha BNBR sekaligus akan menjadi  kekuatan utama di belakang bisnis baru BNBR di bidang otomotif ini. Selama ini PT Bakrie Autoparts dikenal sebagai perusahaan pemasok komponen otomotif. Menurut Bobby Gafur Umar, Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk, PT Bakrie Autoparts selama ini sudah berpengalaman dalam memasok produk-produk berkualitas untuk sejumlah pabrikan otomotif utama yang ada di dalam negeri.

“Arah kerja sama kami dengan BYD adalah peningkatan lokalisasi melalui pembangunan industri di Indonesia. Itu sudah jelas. Kami akan menyediakan beberapa lokasi seperti di Bekasi, Balaraja dan Lampung. Untuk perakitan mungkin di Balaraja, karena lahan di sana cukup luas, sekitar 7,7 hektar. Bangunan pabrik sudah ada, lahan sudah siap,” kata Bobby Gafur Umar. Pabrik ini, nantinya diharapkan akan mampu memproduksi 1000 hingga 2000 unit bus listrik per tahun.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan