Bakrie Targetkan Kandungan Lokal Bus listrik Mencapai 55 Persen Dalam 4 Tahun ke Depan

Bus listrik dari Bakrie & Brothers

Jakarta, MobilKomersial.com  – PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) serius menggarap bisnis otomotif di pasar Tanah Air dengan memasarkan bus listrik yang ramah lingkungan di Indonesia mulai awal tahun 2019. Bus listrik yang dipasarkan ini merupakan hasil kerjasama BNBR melalui anak usahanya, PT Bakrie Autoparts dengan perusahaan produsen bus listrik terbesar di China, BYD Auto Ltd.

Selain menjual bus listrik PT Bakrie Autoparts juga akan membuat komponen-komponennya secara lokal di Indonesia.  Bobby Gafur Umar, Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk menyatakan, pihaknya memasang target pemenuhan kandungan komponen lokal (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) hingga 55 persen untuk bus listrik ini hingga empat tahun ke depan sejak pertama kali dipasarkan di Indonesia mulai awal 2019. Dengan kata lain, target pemenuhan TKDN sebesar 55 persen akan dapat dicapai pada tahun 2022 mendatang.

Menariknya, BNBR nantinya juga tidak hanya sekadar menjual kendaraan bus ke pengusaha angkutan di Tanah Air. Mereka juga menawarkan sistem transportasi umum untuk kota-kota di Indonesia bekerja sama dengan pemerintah kota dan pemerintah provinsi di sejumlah daerah yang dianggap potensial.

“Kami sudah on track, menetapkan target-target untuk mengembangkan  bisnis bus listrik ini,” kata Bobby. Bobby juga menyatakan, banyak komponen dan bagian bodi bus listrik sudah dapat dipenuhi dari dalam negeri. ”Tetapi, memang masih ada yang secara bertahap baru bisa diproduksi di Indonesia karena penguasaan teknologi nya masih perlu dipelajari dan dikuasai,” katanya.

Penulis: Arieffandi

Hits: 123

Tinggalkan Balasan