BYD Luncurkan 2 Tipe Bus Listrik untuk Eropa. Bodi 80 Persen Lebih Rigid

BYD

Hannover, Mobilkomersial.com – Produsen bus listrik terbesar di dunia asal China, BYD, meluncurkan dua tipe bus listrik terbarunya yang ditujukan khusus untuk pasar Eropa, masing-masing bus single dengan panjang 12 meter dan bus gandeng 18 meter. Kedua bus ini diproduksi di pabrik BYD terbaru yang baru saja selesai dibangun di Hungaria dan Prancis.

Kedua bus yang diluncurkan ini tampil dengan wajah depan yang stylish yang menjadi standar baru bus listrik produksi BYD. Untuk pertama kalinya dipamerkan ajang pameran kendaraan komersial IAA 2018 di Hannover, Jerman, bulan September 2018 lalu.

Bus BYD 12 meter merpakan bus modular 12 meter pertama yang dibangun BYD dengan menggunakan konsep konstruksi baru dengan fitur-fitur yang telah diperbarui.

Penerapan teknologi baru ini memungkinkan bus diproduksi dengan lebih cepat dan membuat pemakaian komponen menjadi lebih ringkas dan bobot bus menjadi 4 persen lebih ringan. Sementara, rigiditas torsional bus naik hingga 80 persen sekaligus meningkatkan aspek keamanan dan keandalannya.

Pembaruan juga dilakukan di aspek powertrain dan drive axle. BYD juga menambahkan material kedap suara yang membuat kabin bus ini semakin senyap.

Baca juga : BYD Tampilkan Bus Listrik Terbaru di IAA 2018

Mayoritas komponen untuk perakitan bus ini dipasok dari vendor di Eropa. BYD menyatakan bus ini diproduksi dengan standar Eropa.

Sementara itu, bus gandeng BYD yang ukuran 18 meter sudah dilengkapi dengan pantograph untuk pengisian ulang baterai di halte dan di pool bus. Baterai bus ini sudah mengadopsi solusi pengisian baterai, termasuk untuk metode pengisian listrik Ac dan DC.

Kedua bus listrik ini juga sudah mengadopsi baterai Iron-Phosphate dari BYD serta BYD’s Battery Thermal Management System dan Smart Monitoring and Diagnosing System (SMDS), yang memungkinkan pengusaha atau pemilik bus mendiagnosa problems yang terjadi di bus sekaligus menekan biaya perawatan.

Penulis : Arieffandi

Tinggalkan Balasan