Deretan Mobil Jaguar XJ Series Tahun 1968 Hingga 2018 di Perayaan ke-50 Tahun

MobilKomersial.com — Merayakan 50 tahun produksi mobil sedan mewah pertama, Jaguar akan melakukan konvoi unik yang menggambarkan perjalanan Jaguar XJ dari masa ke masa. Konvoi yang dimulai dari pabrik Jaguar di Castle Bromwich, Inggris, yang mengakhiri perjalanan di ajang Paris Motor Show, Perancis.

Parade perayaan ini menghadirkan semua model XJ, yang mewakili delapan generasi mobil yang diproduksi selama setengah abad belakangan. Sebagai pembawa bendera pertama model XJ, Series I memimpin di barisan depan, sementara varian terbaru XJ50 produksi khusus menutup barisan mobil mewah tersebut.

Jaguar XJ diperkenalkan pertama kali ke publik pada ajang Paris Motor Show pada tahun 1968 langsung oleh pendiri Jaguar Sir William Lyons dengan menampilkan sedan mewah jenis E-type. Bersama XJ50, Jaguar XJ Series I milik Sir William Lyons juga akan ikut dipamerkan.

Ian Callum, Direktur Desain Jaguar mengatakan: “Jaguar XJ merupakan merk ikonik dan telah menjadi model terdepan bagi perusahaan sepanjang yang saya ingat. Kami selalu memperhatikan bentuk awal dari mobil yang kami produksi jika ingin membuat versi modernnya, sehingga mobil yang ada sekarang masih menyerupai bentuk aslinya dan semua orang bisa menyaksikannya.”

Berikut daftar mobil yang akan ambil bagian dalam perjalanan napak tilas ini:

  • Jaguar XJ Series I: 1968
  • Jaguar XJ Series II: 1973
  • Jaguar XJ Series II Coupé: 1973
  • Jaguar XJ Series III: 1979
  • Jaguar XJ XJ40: 1986
  • Jaguar XJ X300: 1994
  • Jaguar XJ X308: 1997
  • Jaguar XJ X350: 2003
  • Jaguar XJ X351: 2009
  • Jaguar XJR575: 2017
  • Jaguar XJ XJ50: 2018

Paris mempunyai arti penting dalam sejarah Jaguar XJ. Pada tahun 1968, Jaguar XJ diluncurkan untuk pertama kalinya di pameran otomotif tersebut, saat di mana pendiri Jaguar Sir William Lyons menyampaikan visinya tentang mobil sedan dengan handling E-type. Kombinasi yang menarik antara keindahan, keanggunan dan peforma membuat model XJ menjadi terobosan baru bagi dunia otomotif.

Sejak saat itu, ajang pameran di Paris tersebut telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah perjalanan Jaguar XJ, seperti XJ ‘X300’ yang diluncurkan di sana pada tahun 1994 dan XJ ‘X350’ yang revolusioner dengan bodi aluminium monokok ringan juga diperkenalkan di ajang tersebut pada tahun 2002.

Hadir kembali di ajang Paris Motor Show setelah 50 tahun peluncurannya merupakan puncak dari rangkaian perayaan salah satu mobil sedan mewah terbaik dunia, yang telah menjadi pilihan kendaraan bagi para pemimpin, pesohor, politisi, dan bangsawan selama lima dekade tersebut.

Rangkaian perayaan ini dimulai dengan peluncuran Jaguar XJ50 awal tahun 2018 lalu. Varian Jaguar yang diprodusi khusus ini memperlihatkan model bemper depan dan belakang seperti yang ada pada Autobiography, velg Venom model baru berdiameter 20 inci, gril depan berwarna hitam dan penempatan emblem unik pada jendela samping dan belakang.

Untuk bagian interior, kabin yang mewah dipercantik dengan aksen leaper Jaguar yang dibuat timbul pada sandaran kepala, logo XJ50 pada sandaran tangan bagian tengah, ukiran intaglio Jaguar yang unik dan treadplate cerah dengan motif XJ50.

Hits: 96

Tinggalkan Balasan