Hino Safety Driving Competition jadikan Sopir Bus Pelopor Keselamatan

Hino Safety Driving Competition di Surabaya (foto istimewa)

Surabaya, MobilKomersial.com – Upaya mencegah kecelakaan bus, terutama akibat kelalaian sopir yang kerap terjadi di Indonesia, Hino Indonesia menggelar Hino Safety Driving Competition. Kompetisi yang sudah dilakukan ke 19 kalinya itu digelar khusus untuk pengemudi bus.

Deputy General Manager PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Wibowo Santoso mengatakan acara Hino Safety Driving Competition merupakan kontribusi perusahaannya untuk secara aktif menginformasikan kepada masyarakat Indonesia dalam hal lalu lintas.

“Kami ingin memberikan edukasi kepada pengemudi bus agar menjadi pelopor dalam berkendara yang aman, selamat, ekonomis dan juga bisa bertanggung jawab,” kata Wibowo di sela-sela acara Hino Safety Driving Competition di Surabaya, Rabu (17/10/2018).

Wibowo menyebut pengujian dibagi dalam beberapa tahap. Untuk tahap awal kompetisi, peserta diikuti oleh 60 sopir bus.

Mereka dites tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu-rambu lalu lintas.

“Dari 60 peserta itu, nanti akan diambil 10 pengemudi terbaik untuk melanjutkan tes di hari kedua,” kata dia.

Adapun untuk tes lanjutan akan dilakukan di Tol Tambak Sumur-Tol Juanda 1 untuk eco driving test, yakni teknik mengemudi bus yang ekonomis, agar bus yang dikendarainya itu lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar.

Selain itu, sopir bus juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar membawa penumpang yang membawa banyak penumpang. Dengan begitu Hino menginginkan SDM yang handal, baik dan berkomitmen tinggi.

“Jadi, kami dari Hino bukan hanya menjual unit saja, kami juga ingin berkontribusi secara aktif kepada pengemudi bus dan truk. Kalau secara Hino standar sudah mengembangkan produk yang memenuhi aturan keselamatan, baik dari sistem pengeremannya dan fitur keselamatan lainnya dengan menggunakan tekanan angin,” jelas Wibowo.

Sementara itu, Direktur Utama Hino CKMN, Mario Sadewo berharap dengan digelarnya acara ini, para pengemudi akan memegang nilai-nilai keselamatan di jalan raya.

keselamatan di jalan itu harus dimulai dari diri sendiri, serta saling menghormati sesama pengguna jalan raya, dan memperhatikan serta mematuhi rambu lalu lintas,” ujarnya.

Hits: 149

Tinggalkan Balasan