Ini Penyebab Rantai Motor Sering Copot

Jakarta, MobilKomersial.com – Penyebab Rantai Motor Sering CopotBagi anda pengguna sepeda motor jenis bebek, atau jenis lainnya yang menggunakan rantai untuk penggerak roda, berhati-hatilah pada rantai motor anda. Jika tidak, kapanpun rantai motor dapat copot seketika.

Rantai Motor

Mengapa bisa terjadi demikian? rantai sepeda motor yang copot atau terlepas biasanya mengalami kekeringan pada gear, atau yang lebih dikenal dengan sebutan “gear-nya haus.” Selain itu penyebab lainnya ialah rantai motor anda sudah kendur.

Rantai harus sering diberikan atau dilumuri dengan pelumas, agar tetap basah. Karena rantai yang kering dapat menyebabkan rantai tersebut kendur. Bila sudah kendur, rantai akan mencakram gear yang menyebabkan slip.

Slip pada rantai inilah yang membuat gear menjadi rusak dan tajam. Ditambah dengan rantai yang kering dan cenderung karatan akan membuat rantai terlepas dari gear, dan tak menutup kemungkinan rantai akan putus.

Jika anda mengalami copot rantai dalam perjalanan, cobalah untuk menepikan sepeda motor anda di tempat yang aman dan segera periksa. Jika masih memungkinkan untuk dipasang kembali, caranya cukup mudah, gunakan seperti memasang rantai pada sepedah. Dengan menempelkan rantai pada bagian atas gear, lalu putar ban belakang.

Walau begitu, anda jangan sampai lupa untuk segera ke bengkel terdekat. Karena rantai harus segera dikencangkan dan juga diolesi dengan pelumas agar tak kembali selip.

Hits: 2108

Tinggalkan Balasan