Karsan Atak, Bus Listrik Low Entry Buatan Turki

MobilKomersial.com – Tren kendaraan listrik akan menjadi makin dominan untuk kebutuhan transportasi massal di masa depan. Karenanya, banyak pabrikan otomotif saat ini menghadirkan kendaraan listrik untuk angkutan publik. Karsan Automotive Indusry and Trade Aononymous memperkenalkan bus listrik terbarunya di ajang pameran kendaraan komersal IAA 2018 di Hannover September lalu.

Bus ini diberi nama Atak Electric dan merupakan project bus listrik kedua dari Karsan setelah sebelumnya Karsan merilis bus listrik bernama Jest Electric, hasil kolaborasi Karsan dengan BMW. Karsan Atak merupakan bus listrik tipe low entry dengan panjang body 8 meter.

Motor elektrik dan inventernya dipasok oleh Dana Incorporated. Di Turki, Karsan dikenal sebagai produsen kendaran ringan, shuttle bus dan bus kota yang produk-produknya fokus pada upaya menghadirkan solusi transportasi massal kekinian. Karsan sudah mengembangkan proyek kendaraan listrik yang ramah lingkungan sejak 2015 dengan Karsan Jest sebagai project pertamanya di tahun 2016.

“Tren globalisasi, meningkatnya kepeduluan pada lingkungan serta kebutuhan menurunkan biaya operasi mendorong kami membuat beragam inovasi,” ungkap Christophe Dominak, Chief Technology Officer Dana Incoroporated. Pihaknya senang bisa bekerja sama dengan Karsan mengembangkan bus listrik lewat proyeck Karsan Atak ini.

Baik Atak Electric maupun Jest Electric, keduanya merupakan jenis bus yang 100 persen tenaganya bersumber dari energi listrik. Dibandingkan dengan model Jest Electric, Atak Electric merupakan versi upgrade-nya. Atak Elecric mampu mengangkut hingga 57 penumpang dan menempuh jarak hingga 300 kilometer dalam sekali isi baterai dalam kondisi penuh. Sementara, Jest Electric memiliki kapasitas angkut maksimal 26 penumpang dengan jarak tempuh 165 kilometer dalam sekali isi baterai.

Karsan selama ini telah sukses mengekspor bus listriknya ke 20 negara, termasuk mengekspornya ke Amerika Serikat. Bekerja sama dengan mitra lokal di AS, Morgan Olson, Karsan pernah tampil menjadi finalis kompetisi truk kecil generasi masa depan untuk kebutuhan armada pengiriman pos, yang diselenggarakan United States Postal Service, PT Pos-nya AS.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan