MAN Cabut dari India, Volvo Trucks Malah Agresif Masuk dan Bikin Perusahaan Patungan dengan Eicher Motor

New Delhi, MobilKomersial.com – Keputusan cabutnya produsen kendaraan niaga asal Eropa, MAN Truck and Bus dan Scania dari pasar India akibat terus merosotnya permintaan pasar terhadap merk truk ini rupanya mendatangkan peluang baru bagi kompetitornya sesama pabrikan truk Eropa.

Pasca keputusan manajemen MAN ini, Volvo Truck justru makin agresif menggarap pasar India. Pekan lalu, Volvo Trucks dan Eicher Motors, merk kendaraan komersial lokal di India, sepakat membentuk perusahaan patungan baru bernama VE Commercial Vehicles, disingkat VECV.

Di perusahaan patungan ini, kedua perusahaan sepakat mendirikan pabrik anyar di Bhopal, India. Pabrik baru ini memiliki kapasitas produksi truk mencapai 40.000 unit per tahun dengan investasi yang digelontorkan sebanyak Rs 400 crore. Pabrik baru ini akan fokus memproduksi truk-truk heavy duty demi memperkuat penguasaan pasar VECV di segmen ini.

Baca juga : Orang India Tergila-gila Naik Sleeper Bus, Perusahaan Karoseri Panen

“Kami sudah berhasil membuat pondasi yang kokoh di India dan kami ingin semuanya bisa berjalan dengan konsisten,” ungkap global CEO Volvo Group, Martin Lundstedt dalam keterangan persnya seperti dikutip situs India Times.com.

Martin menegaskan, India merupakan satu dari lima pasar yang kuat bagi Volvo Trucks di Asia Selatan di mana tidak hanya menjadikan pabrik di India sebagai pasar kunci tapi juga jadi basis pengembangan dan ekspor. Pendek kata, India kini benar-benar menjadi pusat perhatian Volvo Trucks untuk memacu pendapatan.

Over the last 10 years, VECV has grown at a compounded annual growth rate of 18% and the company has consistently remained profitable. VECV has so far invested about Rs 3,500 crore in the operations and at the end of the last financial year, it had generated a turnover of Rs 10,200 crore.

Selama lebih dari 10 tahun, VECV telah meraih pertumbuhan tahunan sebesar 18 persen dan perusahaan ini secara konsisten terus mencetak laba. VECV sejauh ini telah menginvestasikan dana sebanyak Rs 3,500 crore dengan total omset sebesar Rs 10,200 crore. Dengan total produksi truk dan bus mencapai 70.000 unit per tahun, VECV saat ini berkontribusi hampir sepertiga dari total produksi Volvo Trucks secara global.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan