MAN Truck Tutup Bisnisnya di India, Dealer Meradang, Gugat ke Pengadilan dan Tuntut Kompensasi

“Para dealer MAN Trucks sudah berinvestasi Rs 200 crore untuk mendiringan bangunan dealer, software, perlengkapan dan sebagainya dalam beberapa tahun terakhir ini untuk pengembangan dealer mereka. Sementara pihak MAN tidak memberikan kompensasi kerugian,

MAN Truck Tutup Bisnisnya di India Dealer Meradang Gugat ke Pengadilan dan Tuntut Kompensasi

MobilKomersial.com – MAN Truck and Bus resmi menghentikan bisnis otomotifnya di pasar India setelah menjualannya terus merosot. Anak usaha Volkswagen ini juga segera menutup pabrik perakitan truk dan busnya yang berlokasi di Pithampur di negara bagian Madhya Pradesh dan mem-PHK karyawannya. Aset pabrik ini disebut-sebut siap diambil alih dan dibeli oleh pabrikan otomotif merk lokal India, Force Motor.

.

Buntut dari keputusan MAN Truck and Bus cabut dari pasar India, kalangan jaringan dealer resminya pun meradang. Mereka membuat gugatan ke pengadilan di India dan menuntut kompensasi karena merasa dirugikan atas keputusan yang dianggap sepihak ini. Gugatan permintaan kompensasi ini diajukan oleh Asosiasi Dealer Kendaraaan India melalui juru bicaranta, John K Paul.

.
“Para dealer MAN Trucks sudah berinvestasi Rs 200 crore untuk mendiringan bangunan dealer, software, perlengkapan dan sebagainya dalam beberapa tahun terakhir ini untuk pengembangan dealer mereka. Sementara pihak MAN tidak memberikan kompensasi kerugian,” ungkap John seperti dikutip situs India Times, Kamis (4/10/218).

Keputusan MAN Truck and Bus cabut dari pasar India dinilai amat merugikan mereka karena para dealer menderita banyak sekaligus melukai kredibilitas para dealer di bisnis otomotif di mata customer mereka di India. “Sudah menjadi tren, sebelumnya General Motors, laly sekarang Scania dan MAN dari grup VW. Pemerintah harus membuat aturan untuk memaksa OEM (produsen kendaraan) bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami dealer. Kami akan segera ajukan gugatan permintaan ganti rugi ini ke pengadilan.” tegas John K Paul.

MAN Truck Tutup Bisnisnya di India Dealer Meradang Gugat ke Pengadilan dan Tuntut Kompensasi

Sebelumnya, MAN dalam pernyataan resminya menyatakan, keputusan cabut dari pasar India sebagai bagian dari startegi global MAN yang baru yang kini hanya fokus menggarap segmen pasar truk premium. MAN selama ini memproduksi truk dan bus di India serta mengekspor sebagian produknya ke sejumlah negara, termasuk ke Indonesia untuk tipe truk MAN CLA series.

 

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan