Manuver Lincah Armada Damkar Scania XT P370 Taklukkan Kebakaran Hutan

MobilKomersial.com – Selain memproduksi truk untuk angkutan kargo on road dan truk untuk kebutuhan tambang dan perkebunan, [abrikan truk Scania juga membuat truk untuk kebutuhan khusus seperti truk untuk armada pemadam kebakaran. Scania memproduksi truk Scania XT P370 untuk kebutuhan armada damkar yang khusus didesain mampu melibas jalanan curam dan menanjak di kawasan hutan.

Truk ini memang dirancang sebagai armada damkar khusus untuk aktivitas pemadaman kebakaran api dan kebutuhan rescue di medan pegunungan terjal. Situs Trailer-Bodybuilders.com pekan ini melansir, truk ini sudah diuji coba operasi di kawasan hutan terjal di kawasan selatan Swedia dan terbukti unjuk performanya baik. Truk damkar ini dioperasikan oleh Eksjo Rescue Services.

Scania XT P370 dibangun menggunakan chassis Scania XT berpenggerak 6×6. Truk ini menggendong tangki berisi foam untuk kebutuhan pemadaman kebakaran hutan banyak 6000 liter.
“Truk ini dirancang dengan rangka dan bodi fleksibel untuk mengantisipasi medan terjal di pegunungan saat dioperasikan,” ujar John Sand, dari jaringan dealer Atteviks Scania.

“Jika truk ini dirakit rigid, tangki bahan bakar bisa retak atau pecah,” imbuh John. Untuk mendukung kinerjanya optimal, truk ini juga dibekali dengan ban of road berdesain khusus yang sanggup menaklukkan medan terjal pegunungan.

Sebelum resmi mengoperasikan truk damkar Scania XT 370 ini, Eksjo Rescue Services sudah mengoperasikan truk damkar Saab-Scania SBAT 111S 6×6 sejak tahun 1976 dan kini truk tersebut didonasikan ke tentara nasional Swedia. Truk Scania XT 370 ini kabinnya bisa mengangkut 2 personil damkar.

Penulis: Arieffandi

Hits: 102

Tinggalkan Balasan