Mau Sewa Bus untuk Berwisata, Cek Dulu Kondisinya Lewat Fasilitas e-KIR

Mau Sewa Bus untuk Berwisata, Cek Dulu Kondisinya Lewat Fasilitas e-KIR

MobilKomersial.com – Acara jalan-jalan terasa menyenangkan jika dilakukan  bersama-sama teman atau kerabat dan keluarga. Acara menjadi terasa meriah karena adanya kebersamaan. Bus menjadi moda angkutan yang banyak dipilih lantaran mampu mengangkut orang dalam jumlah banyak, fleksibel serta memiliki ruang kabin yang lega.

.

Namun tak sedikit orang yang kecewa karena ternyata bus yang disewanya tidak memuaskan. Misalnya. karena bus yang disiapkan ternyata tidak seperti yang dijanjikan oleh pihak agen atau perusahaan otobus. bus ternyata kondisinya sudah tua, tidak terawat, bahkan rem blong.

.

e-KIR

Banyaknya kasus kecelakaan bus pariwisata selama ini membuktikan pentingnya kita berhati-hati dalam memilih bus pariwisata yang akan kita sewa untuk keperluan jalan-jalan. Untuk mengecek kondisi bus yang sebenarnya yang akan kita sewa, masyarakat bisa melakukannya sendiri melalui layanan e-KIR. Layanan ini hadir dalam wujud aplikasi di smartphone yang bisa diunduh oleh pengguna.

.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) TU UP BKP Pulogadung Fatchuri, menjelaskan, aplikasi e-KIR bisa mendeteksi bus yang akan kita sewa sudah lolos uji kir atau tidak. Jika lolos uji kir bisa dpastikan bahwa bus tersebut layak jalan. eKIR ini dikelola oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk memudahkan warga Jakarta saat akan menyewa bus untuk berbagai keperluan.

.

Deteksi Status Bus

Untuk mendeteksi status bus yang akan disewa, pengguna aplikasi hanya perlu memasukkan plat nomor polisi bus yang akan disewanya. Kemudian, aplikasi akan menampilkan data terbaru status bus tersebut berikut alamat PO busnya. Fatchuri menjelaskan, jika bus yang akan disewa tersebut muncul di aplikasi, bisa dipastikan bus tersebut terdaftar di Dinas Perhubungan DKI. Dia juga mengingatkan masyarakat agar tidak semata-mata memilih bus pariwisata karena harga sewanya yang miring agar tidak tertipu menyewa bus tua yang sebenarnya direkondisi dengan pengecatan ulang interior dan eksterior busnya.

.

.

Penulis : Ariffandi

Tinggalkan Balasan