Penjualan Daimler Melemah 4 Persen di Kuartal III Akibat Skandal Emisi Mesin Diesel

Skandal Emisi

MobilKomersial.com — Tidak hanya melemah di pasar India, penjualan kendaraan niaga Daimler AG yang mencakup produk truk dan bus di pasar global juga melemah 4 persen sepanjang kuartal II (Juli-September) 2018 lalu. Data terbaru yang dihimpun menyebutkan, Daimler di periode ini hanya mampu menjual 794.700 kendaraan.

Seperti diumumkan pada laporan keuangan, tren penjualan yang turun ini membuat Daimler AG hanya membukukan total pendapatan 40,2 miliar euro. Di periode yang sama tahun 2017 lalu, total pendapatan Daimler Ag mencapai 40,7 miliar euro.

Pelemahan penjualan Daimler ini tak lepas dari terkuaknya skandal manipulasi emisi gas buang kendaraan buatan Daimler yang membuat otoritas negara di mana kendaraan Daimler dipasarkan jadi berang. Daimler AG juga harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyelesaikan kasus ini serta memperbaiki teknologi emisi gas buang di kendaraan yang dianggap bermasalah.

Baca juga : Persaingan Makin Ketat, Penjualan Truk Daimler Melemah di Bulan Juli-September

“Industri otomotif dan Daimler sendiri saat ini sedang menghadapi kondisi lingkungan yang sangat menantang. Permintaan kendaraan yang tinggi dari pelanggan kami membuat kami yakin pada kinerja di kuartal keempat,” ungkap Dieter Zetsche, Ketua Dewan Manajemen Daimler AG yang juga mengepalai Mercedes-Benz Cars.

Dia menyebutkan, perubahan kas perusahaan di 9 bulan pertama tahun 2018 (Januari sampai September), banyak terpengaruh oleh tertundanya pengiriman kendaraan akibat pembatasan yang dipicu oleh tertundanya proses sertifikasi kendaraan Mercedes-Benz. Pemicu lainya adalah pembenahan internal di Mercedes-Benz sendiri untuk kendaraan jenis van. Hal lain yang juga menjadi pemicu arus kas di Daimler selama 9 bulan pertama ini adalah naiknya investasi perusahaan di bidang properti, fasilitas pabrik dan peralatan.

Daimler menyatakan, keputusan perusahaannya berinvestasi di tengah kondisi lingkungan yang bergejolak cukup penting dan tepat karena akan membantu menentukan arah bisnis Daimler ke depannya.

Penulis: Arieffandi

 

Hits: 179

1 thought on “Penjualan Daimler Melemah 4 Persen di Kuartal III Akibat Skandal Emisi Mesin Diesel

Tinggalkan Balasan