Sistem AVAS Pada Jaguar I-PACE Ramah Pada Para Penyandang Tunanetra

MobilKomersial.com – Karena tidak mengeluarkan suara mesin, mobil listrik Jaguar I-PACE membutuhkan cara baru untuk membantu para pengguna jalan berkebutuhan khusus seperti tunanetra dan orang dengan gangguan penglihatan agar bisa segera mengenali suara mobil yang mendekat dalam kecepatan rendah.

Jaguar telah merancang sebuah sistem unik yang disebut Audible Vehicle Alert System (AVAS) untuk mobil elektrik pertamanya yang memenuhi dan bahkan melampaui berbagai peraturan global.

Baca juga : 2020 Mobil Kemudi Otonom Akan Penuhi Jalan Jepang

Para perancang Jaguar telah mengembangkan sebuah teknologi suara yang bisa didengar hingga kecepatan 20km/jam, di atas standar minimal 56Db(A) menurut aturan Eropa, yang merupakan standar paling ketat di dunia.  Teknologi ini akan dipasang pada semua mobil listrik terbaru yang diproduksi Jaguar mulai Juli 2019 nanti.

Sebagai bagian dari rangkaian ujicoba, teknologi suara yang dikembangkan Jaguar pada mobil listrik seri I-PACE telah dites oleh anggota Guide Dogs for the Blind, organisasi amal di Inggris yang didedikasikan untuk orang dengan gangguan penglihatan. Hal ini juga menandai dimulainya kerjasama antara Jaguar dan organisasi tersebut.

Untuk diketahui, 11 Oktober 2018 (saat informasi ini sudah bisa disebarluaskan) bertepatan dengan Hari Penglihatan Sedunia, namun saat ini kita belum mengacu secara langsung pada peringatan tersebut.

Baca juga : Porsche Siapkan 1.200 Pekerja untuk Produksi Mobil Listrik Taycan

Tinggalkan Balasan