Toyota Bergabung di Proyek Pengembangan Bus Hydrogen Fuel Cell Bareng Pabrikan Portugal

MobilKomersial.com — Toyota resmi bergabung di project pengembangan bus fuel cell bersama produsen bus di Portugal, Caetanobus. Musim gugur nanti, Toyota dan Caetanobus akan meluncurkan bus kota berbahan bakar hidrogen pertamanya. Kedua perusahaan saling berbagi tugas. Caetanobus mengerjakan busnya dan Toyota menyediakan teknologi fuel cell dan instalasinya. Bagi Toyota project kolaborasi ini akan menjadi langkah awal yang penting bagi pengembangan kendaraan hidrogen ke depannya.

Sejak beberapa tahun ini Toyota memang aktif mengkampanyekan penggunaan teknologi hydrogen fuel cell, tidak hanya pada kendaraan penumpang yang diproduksinya, tapi juga pada kendaraan niaga seperti truk heavy duty , truk ringan untuk armada pengiriman barang, sampai forklift dan bus.  Langkah ini sejalan dengan visi Toyota menciptakan masyarakat tanpa kendaraan berbahan bakar karbon di tahun 2050. Di daratan Eropa, Toyota memang belum memiliki pijakan kaki yang kuat dalam implementasi teknologi fuel cell ini.

Baca juga : Truk Kenworth Kini Pakai Teknologi Transmisi Terbaru PowerDrive dari Cummins Inc.

Kini, dengan menggandeng Caetano, Toyota memulai langkah kesana. Toyota akan memasok komponen untuk perakitan bus hydrogen fuel cell ini ke Caetano seperti komponen fuel cell stacks, tangki hidrogen dan komponen penting lainnya.

Bus hydrogen fuel cell kolaborasi Toyota dan Caetanobus SA ini akan mulai tampak wujudnya sekitar satu tahun lagi dan akan diuji coba sebagai bus demo oleh Caetanobus SA. “Dengan memasok teknologi fuel cell ke Caetanobus, kami akan bisa menunjukkan banyak manfaat praktis dan manfaatnya bagi lingkungan demi mewujudkan masyarakat bebas karbon,” ungkap Dr Johan van Zyl, President dan CEO Toyota Eropa seperti dikutip Busworld.

Jose Ramos, Presiden Salvador Caetano Industria mengatakan, pihaknya sangat bangga bisa bekerja sama dengan Toyota untuk mewujudkan bus ramah lingkungan yang bebas polusi dengan dukungan teknologi hydrogen fuel cell dari Toyota.

 

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan