Truk Kenworth Kini Pakai Teknologi Transmisi Terbaru PowerDrive dari Cummins Inc.

Mobilkomersial.com – Merek truk asal Amerika Serikat, Kenworth, memperkuat jalinan kerjasamanya dengan pemasok mesin diesel ternama Cummins Inc. untuk produksi truk Kenworth terbarunya dengan membenamkan teknologi transmisi PowerDrive dari Cummins di truk Kenworth T730.

Teknologi transmisi PowerDrive ini merupakan teknologi elektrik hybrid utility terbaru dari Cummins Inc yang memadukan teknologi hybrid dan pure electric sekaligus. Masing-masing terdiri dari dua mode hybrid dan dua mode elektrik. Karena itu, transmisi PowerDrive diklaim mampu menyelaraskan antara kebutuhan kekuatan sekaligus efisiensi pada sebuah truk.

PowerDrive mampu menggantikan peran transmisi konvensional pada truk dan perpindahan dari mode hybrid ke electric pada transmisi ini bisa dilakukan secara real time.

Transmisi PowerDrive dirancang bisa diaplikasikan pada tipe truk ringan, truk medium duty sampai truk heavy duty. Hebatnya, transmisi unik ini bisa dikawinkan dengan mesin kendaraan tipe diesel berbahan bakar solar maupun mesin diesel berbahan bakar gas atau CNG serta truk bertenaga listrik. Kendaraan yang sudah menggunakan transmisi ini terbukti mampu menempuh perjalanan hingga 6 juta mil di AS dan China dan kini teknologi transmisi ini dikenalkan ke publik Eropa.

Baca juga : Karsan Atak, Bus Listrik Low Entry Buatan Turki

Tenaga listrik di truk Kenworth T730 ini bisa diisi ulang. Sementara untuk mengoperasikan crane bisa bersumber dari tenaga listrik maupun dari tenaga mesin. Dengan menerapkan teknologi transmisi PowerDrive, truk Kenworth T730 diklaim mampu menurunkan emisi gas buang hingga 80 persen jika dibandingkan dengan mesin diesel konvensional. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga bisa ditekan hingga 40 persen hingga 80 persen lebih rendah, bergantung gaya pengemudian. Truk Kenworth T730 dengan transmisi PowerDrive untuk pertama kalinya ditampilkan ke publik di ajang pameran kendaraan komersial terbesar di Eropa, IAA 2018 di Kota Hannover, Jerman, pertengahan September 2018 lalu.

 

Penulis: Arieffandi

 

1 thought on “Truk Kenworth Kini Pakai Teknologi Transmisi Terbaru PowerDrive dari Cummins Inc.

Tinggalkan Balasan