Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Mulai Dioperasikan di Berlin

Mercedes-Benz eActros

MobilKomersial.com — Setelah resmi diperkenalkan ke publik, Daimler mulai menguji coba pakai truk listrik Mercedes-Benz eActros ke Edeka, perusahaan ritel di Berlin, Jerman, dengan metode ujicoba dengan pemakaian yang sebenarnya untuk mengangkut muatan.

Mercedes-Benz eActros yang diujicoba ini merupakan tipe truk 25 ton dengan refrigerated body untuk mengangkut muatan yang membutuhkan ruang kargo berpendingin seperti sayur mayur, buah-buahan.

Oleh Edeka, eActros ini dioperasikan dengan rute dari Gruenheide di pinggiran kota Berlin ke berbagai supermarket di tengah kota Berlin dan sekitarnya dengan radius jangkauan 150 kilometer sampai 300 kilometer setiap harinya dalam dua shift pengiriman. Muatan yang diangkut dibatasi maksimal 10 ton saja. Selama proses bongkar muat barang, truk ini diisi ulang baterainya untuk memastikan keterisian tenaga pada baterainya mampu menjangkau jarak hingga 200 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Edeka merupakan satu dari 20 konsumen pertama pembeli truk eActos dari Daimler yang berasal dari beragam latar belakang industri. Masing-masing konsumen mengujicoba eActros dengan daya angkut mulai dari 18 ton sampai 25 ton untuk dioperasikan dengan kondisi yang sebenarnya setiap hari.

“Tujuan kami menghadirkan truk ini adalah untuk menciptakan moda transportasi truk yang bebas emisi gas buang serta senyap mulai tahun 2021,” sebut Daimler dalam pernyataan resminya seperti dikutip situs Just-Auto.com.

Tahapan pengujian truk eActros ini berlangsung dalam dua fase, masing-masing melibatkan 10 konsumen Daimler selama dua tahun. Pengembangan dan pengetesan eActros ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Federal Jerman dan menjadi bagian dari Concept ELV dengan melibatkan langsung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Ekonomi dan Energi Jerman.

“Kami sangat berterima kasih kepada para pelaku industri ritel dan asosiasinya atas dukungan aktif mereka dalam project ujicoba eActros ini. Hasil pengetesan sebelumnya yang kami lakukan penunjukkan hasil positif. Jangkauan jarak tempuh 200 kilometer misalnya, benar-benar tercapai secara realistis. Sistem pendinginan dan AC pada truk ini juga bekerja baik, bahkan saat memasuki musim panas,” ungkap Andreas von Wallfeld, Marketing, Sales & Service Chief di Mercedes-Benz Trucks.

Penulis: Arieffandi

 

Tinggalkan Balasan