Awal Desember, Aturan Ganjil-Genap Akan Diberlakukan di Tol Tambun

Penerapan ganjil-genap

Jakarta, Mobilkomersial.com – Pembatasan kendaraan sistem ganjil-genap di jalan bebas hambatan alias tol akan diperluas. Rencananya, sistem aturan ganjil-genap akan diberlakukan di tol Tambun pada awal Desember mendatang.

“(Aturan) ganjil-genap kita tambah lewat (Gerbang Tol) Tambun. Sekarang sedang disosialisasikan hingga akhir November. Dan pemberlakuan ganjil-genap awal bulan Desember kita mulai,” ujar Hindro Surahmat, Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dilansir laman NTMCPolri, Rabu (21/11/2018).

Hindro menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan 13 unit bus, yang akan mengangkut warga Tambun dan sekitarnya yang menuju Jakarta sebagai kompensasi kebijakan tersebut.

“Waktu penerapan ganjil genap sama dengan tol Bekasi Barat dan Timur dan gerbang tol lainnya, yaitu pukul 06.00-09.00 WIB,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan langkah ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya menurunkan kepadatan kendaraan hingga 30 persen. Kemenhub juga mengharapkan masyarakat beralih menggunakan angkutan umum.

“(Peraturan) ganjil-genap itu dapat meningkatkan kenaikan kecepatan (kendaraan) 30-40 persen. Penurunan kepadatan 30 persen. Itu kan berkaitan dengan CO2 (karbon dioksida). Jadi banyak manfaat diperoleh. Proses ganjil-genap ini proses edukasi. ,” ujar Budi.

Sebelumnya, sistem ganjil-genap direncanakan berlaku di Gerbang Tol Tambun pada Kamis (15/11) lalu. Kebijakan ini merupakan salah satu cara Kemenhub mengatasi kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Kemacetan parah ini terjadi imbas proyek Jalan Tol Japek Elevated.

1 thought on “Awal Desember, Aturan Ganjil-Genap Akan Diberlakukan di Tol Tambun

Tinggalkan Balasan