CitE, Truk Listrik Keren untuk Bisnis Distribusi Dalam Kota dari MAN dengan Low Floor Access

Hannover – Saat gelaran pameran kendaraan komersial bergengsi IAA Commercial Vehicles 2018 di Kota Hannover bulan September 2018 lalu, pabrikan truk dan bus MAN memamerkan truk terbarunya, truk listrik untuk pengoperasian di kawasan perkotaan yang diberi nama CitE. Seperti apakah sebenarnya detil sosok truk keren ini? Yuk kita kupas.

CitE merupakan truk listrik yang oleh MAN dirancang dan diproduksi untuk menyaingi truk serupa yang juga diproduksi oleh Daimler AG. CitE memiliki desain yang sangat unik. Pada kabinnya, truk ini dirancang untuk memudahkan driver saat naik dan turun. Karenanya, kabin dirancang sangat rendah, mirip-mirip truk catering yang biasa dioperasikan di kawasan bandara.

MAN merancang truk CitE ini dalam tempo sangat pendek, hanya 18 bulan sejak proses perancangan sampai peluncurannya dengan gross vehicle weight 15 ton. MAN merancang CitE sebagai truk untuk kebutuhan distribusi di dalam kota saja, dengan kemampuan manuver yang sangat lincah. Dalam kondisi baterai terisi penuh, CitE mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer.

Lebih dari cukup untuk kebutuhan distribusi barang konsumer di area dalam kota.

Tanpa Spion Lho!

CitE dirancang cukup canggih. Truk ini tak memiliki spion yang pada truk bermesin konvensional digunakan oleh pengemudi sebagai alat bantu untuk melihat kondisi di belakang truk saat truk bermanuver belok atau mundur. Sebagai gantinya, digunakan kamera belakang untuk memonitor kondisi sekeliling.

Uniknya lagi, CitE juga tak dilengkapi dengan handle pintu manual untuk akses pengemudi naik dan turun dari truk. Sebagai gantinya, disematkan sebuah tombol pada bagian luar. Begitu tombol dipencet, pintu secara otomatis akan membuka ke arah belakang.

Untuk mengakomodir kebutuhan pengusaha transportasi akan truk listrik untuk kebutuhan distribusi barang dalam kota dengan daya angkut lebih besar, MAN menawarkan truk eTGM. eTGM merupakan truk listrik dengan kapasitas GVW 26 ton yang diproduksi menggunakan basis truk MAN TGW.

Truk ini hadir dalam versi truk tipper dengan tiga axle (poros roda) dan dalam versi tractor head dengan didukung motor electric berdaya 264 kW.

Baterai lithium-ion nya ditempatkan di bagian bawah kabin pengemudi, diantara side members dan sisi rangka truk. Pada versi truk 26 ton, eTGM didukung baterai 20 buah. Dalam sekali pengisian sampai penuh, eTGM mampu menjangkau jarak tempuh hingga 200 kilometer.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan