Damri Konversi Bus Layaknya Hotel yang Nyaman

Jakarta, Mobilkomersial.com – Perum Damri memanfaatkan bus yang sudah tidak beroperasi dengan merubahnya menjadi hotel. Ya, hotel bus. Hotel bus milik Damri ini rencananya akan ditempatkan di kawasan wisata pantai di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya yaitu di Kepulauan Bangka Belitung.

“Di Belitung kami menyiapkan 70 unit bus. Operatornya akan pakai yang ada di lingkungan BUMN yang memiliki kompetensi di bidang perhotelan. Terus terang kami tak akan mengoperasikan bus hotel itu,” kata Milatia di Pool Damri Kemayoran, Jalan Angkasa No. 17 B Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Menurut Milatia, pihaknya dengan operator akan bagi hasil dan investasi. Untuk yang besar (nilai investasinya) sekitar Rp 300 juta. Ia mengklaim pembuatan tersebut lebih murah dibanding buat kamar hotel.

“Biaya investasi yang disiapkan untuk membangun satu unit bus hotel yaitu Rp 300 juta. Biasanya untuk bintang 4 sekitar Rp 500 juta-an, yang mahal itu membuat taman, landscape, dapurnya, ternyata mahal,” tukas dia.

Lantas berapa harga sewa per malamnya?

Dilansir dari detikcom, Senin (26/11), Kepala Unit Bisnis Aset Manajemen dan Property Development Perum Damri Dipo Wirawan menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih mengkaji soal tarif yang akan ditentukan untuk biaya sewa kamar di bus hotel.

Baca jugaDamri Konversi Bus Lama Menjadi Hotel yang Nyaman

“Nanti akan dibuat di Belitung kita akan menunggu kajian dari hotel. Ini kan lagi proses prototype, masih dalam proses pelajaran soal pengeluaran untuk mempelajari bisnis hotel ini. Operator hotelnya pasti BUMN juga mungkin Patrajasa,” kata dia.

Ia menjelaskan, pihaknya hanya mengetahui soal biaya renovasi ruangan dan fasilitas di dalam bus. Namun, soal fasilitas lain seperti layanan hotel, pembuatan kamar mandi fasilitas lainnya hingga tarif sewa akan diurus oleh BUMN pengelola.

“Jadi dari usia ekonominya aja bus yang dipakai itu yang nilai bukunya udah habis. Bus yang sudah di 10 tahun yang udah nggak bisa operasi lagi dan itu nggak bisa mobile. Karena kan bagian dari toiletnya kan itu ada di luar bus. Jadi belum tau nanti berapa. kita harapkan kajian mengenai harga akan selesai sampai akhir tahun ini,” kata dia dikutip Detikcom.

1 thought on “Damri: Harga Hotel Bus Masih Dikaji

Tinggalkan Balasan