Damri Konversi Bus Lama Menjadi Hotel yang Nyaman

Damri Konversi Bus Layaknya Hotel yang Nyaman

Jakarta, Mobilkomersial.com – Perum Damri melakukan inovasi baru dengan meluncurkan bus layaknya hotel. Hotel bus itu dikonversi dari bus-bus yang sudah tidak beroperasi dan disulap interiornya menjadi ruangan layaknya hotel yang nyaman.

Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moemin mengatakan, hotel bus ini merupakan konversi armada yang sudah tidak lagi melayani penumpang. Rencananya bus ini akan ditempatkan di Kepulauan Bangka Belitung.

“Di Belitung kami menyiapkan 70 unit bus. Operatornya akan pakai yang ada di lingkungan BUMN yang memiliki kompetensi di bidang perhotelan. Terus terang kami tak akan mengoperasikan bus hotel itu,” kata Milatia di Pool Damri Kemayoran, Jalan Angkasa No. 17 B Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Dijelaskan Milatia, pihaknya dengan operator akan bagi hasil dan investasi. Untuk yang besar (nilai investasinya) sekitar Rp 300 juta. Ia mengklaim pembuatan tersebut lebih murah dibanding buat kamar hotel.

“Biaya investasi yang disiapkan untuk membangun satu unit bus hotel yaitu Rp 300 juta. Biasanya untuk bintang 4 sekitar Rp 500 juta-an, yang mahal itu membuat taman, landscape, dapurnya, ternyata mahal,” tukas dia.

Ia menjelaskan, bus hotel ini sudah diseleksi dengan memilih rangka mobil yang masih kokoh dan bisa digunakan.

“Insya Allah (hotel bus) awet. Ini kami seleksi rangka bodi yang memang masih baik sekali. Karena waktunya kan makin pendek waktunya. Ini agar optimal semua, jadi sampai titik darah terakhir semua bisa dimanfaatkan,” tuturnya.

Adapun mengenai fasilitas, antarabus kecil dan bus berukuran besar disediakan berbeda. Bus berukuran kecil mempunyai fasilitas seperti kasur bertingkat, kursi dan meja, ruangan ber-AC, kulkas, stop kontak dan lemari pakaian. Dalam bus ini hanya tersedia satu kamar dengan kapasitas 2 orang.

Baca jugaDamri: Harga Hotel Bus Masih Dikaji

Sementara pada bus yang berukuran besar terdapat satu kasur berukuran besar untuk dua orang di bagian belakang. Kemudian terdapat juga rak kecil untuk menyimpan barang-barang. Di dalam bus dipsahkan dengan ada sekat-sekat untuk membagi kamar lain. di kamar satunya, ada dua kasur tipe single yang lengkap dengan bantal dan selimut yang nyaman. Di sisi kanan kirinya terdapat jendela besar.

Kemudian di sekat ketiga, dalam bus yang juga sudah dipasang AC ini terdapat rak dan laci pakaian. Bukan hanya itu terdapat pula stop kontak, kulkas, televisi ukuran besar, sampai kursi besar yang empuk.

Sementara itu, bagian luar di sebelah kiri dari bus ini dipasang kanopi yang khusus disediakan bila tamu bus hotel bersantai tidak kepanasan atau kehujanan.

Di tahun 2019, bus hotel ini rencananya baru akan mulai mengkaji soal harga sewa hotel dan akan siap untuk disewakan hotel bus tersebut.

1 thought on “Damri Konversi Bus Lama Menjadi Hotel yang Nyaman

Tinggalkan Balasan